Wisata dekat malioboro bisa diakses dengan jalan kaki

Pusat pemerintahan kota Jogja berada di jalan Malioboro dan Kraton Jogja. Selain menjadi lokasi pusat pemerintahan, jalan Malioboro juga merupakan pusat budaya, pusat wisata di kota pelajar ini. Menjadi pusat wisata, karena disini, menjadi tujuan utama wisatawan datang ke kota Jogja, yaitu untuk berbelanja oleh-oleh dan bernostalgia mengenang saat-saat indah dahulu di kota ini.

Maka daripada itu, banyak masyarakat, ataupun wisatawan yang memilih penginapan atau hotelnya di daerah sekitar jalan Malioboro. 

Malioboro
Malioboro
Banyak wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri yang berkunjung ke kota Jogja, tidak mengerti geografis kota Jogja. Sedikit banyak dari mereka jika sudah berada di pusat kota yaitu di Malioboro, maka tempat wisata mudah dan dekat untuk didatangi. Padahal secara geografis, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta atau biasa orang singkat Jogja mempunyai 4 Kabupaten dan 1 kota Madya. 4 Kabupaten tersebut adalah Sleman, Bantul, Gunungkidul, dan Kulonprogo. Sedangan Kota Madyannya adalah kota Jogja sendiri. 

Untuk wisata alam sendiri, lebih banyak berada di 4 Kabupaten. Sebagai contoh untuk berwisata pantai saja dari pusat kota, paling dekat adalah Pantai Parangtritis. Untuk menuju ke Pantai Parangtritis dari pusat kota, kita harus menempuh jarak hampir 30 kilometer. Belum jika kita hendak ke Pantai pasir putih di Kabupaten Gunungkidul, bisa hampir 3 jam perjalanan dari pusat kota Jogja.

Jika anda seorang wisatawan yang mempunyai waktu sebentar, dan memang alokasi budget untuk berwisata di Jogja juga mepet, berikut Pesona Jogja Tour kasih info mengenai.

Baca juga: Informasi Harga Tiket dan Lokasi Taman Ramadanu Magelang 2018


10 tempat wisata yang dekat dari jalan Malioboro dan bisa di akses dengan jalan kaki.


1. Malioboro
Yang pertama tentu Jalan Malioboro itu sendiri. Kenapa? karena Jalan Malioboro merupakan pusat kebudayan kota Jogja. Di Malioboro banyak spot area yang bisa kita nikmati untuk berwisata. Baik wisata kuliner, wisata budaya, wisata oleh-oleh, dan wisata sejarah.

Pertama anda bisa berfoto di tulisan Malioboro

Selain berfoto di tulisan Malioboro, anda juga bisa berfoto dengan patung hasil karya seniman Jogja. Untuk beberapa saat, Jalan Malioboro menjadi pameran seni yang sangat indah dan membuat kita yang melihatnya berdecap kagum. Seperti foto dibawah.

Malioboro
Patung Singa di Jalan Malioboro
Sebenarnya banyak spot di Jalan Malioboro yang bisa kita gunakan untuk berfoto dan berselfi, karena kondisi Malioboro sekarang lebih rapi dengan tempat duduk dan taman yang menghiasi sepanjang jalan Malioboro.

2. 0 Kilometer Jogja.
Mungkin sedikit banyak dari masyarakat diluar kota Jogja yang belum mengetahui dimana itu kawasan 0 Kilometer. Kawasan 0 Kilometer berada di ujung Malioboro. Berada diantara Jalan Malioboro dan Kraton Jogja. Berada di Perempatan antara jalan Malioboro-jalan Pangarakan, dan jalan KH Ahmad Dahlan - Jalan Panembahan Senopati. Berada di depan Museum Vredenberg, dan Gedung Agung. Berada di depan Bank Negara Indonesia (BNI) dan Kantor pusat POS Indonesia.

0 kilometer jogja
0 Kilometer Jogja



3. Pasar Bringharjo
Siapa tidak mengenal pasar Bringharjo? Salah satu pasar yang berada di pusat kota Jogja dan menjadi pusat oleh-oleh terlengkap. Kita bisa berbelanja jenis pakaian dan pernak-pernik untuk oleh-oleh buat dibawa pulang ke koa asal.





4. Taman Pintar
Taman pintar adalah sebuah wahana belajar yang berada di pusat kota Yogyakarta. Mengadopsi wisata rekreasi dan wisata edukasi. Taman ini, khususnya pada wahana pendidikan anak usia dini dilengkapi dengan teknologi interaktif digital serta pemetaan video yang akan memacu imajinasi anak serta ketertarikan mereka terhadap teknologi. Pada saat ini ada 35 zona dan 3.500 alat peraga permainan yang edukatif (sumber: Wikipedia.org)

Lokasi Taman Pintar jika kita dari Malioboro, kita harus menju ke 0 Kilometer. Dari 0 Kilometer, kita belok ke kiri ke jalan Panembahan Senopati. Jarak dari 0 Kilometer kota Jogja sampai Taman Pintar adalah 550-600 meter.

Baca juga: Perbedaan-kesamaan Kalibiru dan Pulepayung

Harga Tiket Wahana Taman Pintar Yogyakarta
Tiket Taman Pintar Jogja (Sumber: Tamanpintar.co.id)




5. Keraton Ngayogyakarto Hadiningrat
Keraton merupakan istana kerajaan dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Sampai saat ini, komplek keraton masih menjadi tempat tinggal dan rumah tangga sultan yang memegang adat istiadat dan budayanya. Selain itu, Keraton juga sebagai museum yang menyimpan barang peninggalan Sultan, replika senjata, barang pemberian raja-raja Eropa dan lain sebagainya.


6. Museum Sonobudoyo
Museum Sonobudoyo (sumber: Sonobudoyo.com)


Museum Sonobudoyo merupakan museum sejarah dan budaya jawa. Museum ini menyimpan koleksi mengenai kebudayaan dan sejarah jawa. Benda koleksi diantaranya berbagai jenis wayang, senjata seperti keris dan beberapa topeng. Museum Sonobudoyo dibagi menjadi 2 unit. Yang pertama Unit I berada di utara alun-alun utara dan Unit II berada di daerah Wijilan atau timur Alun-alun Utara.

Di Museum Sonobudoyo Unit I setiap harinya pada pukul 20:00-10:00 selalu ada pegalaran wayang kulit untuk warga masyarakat dan Turis mancanegara.

Museum Sonobudoyo buka setiap hari, kecuali hari Senin dan hari besar Nasional libur. Jam kunjung mulai buka pada pukul 08:00 sampai dengan pukul 15:30 setiap hari Selasa sampai Kamis & Sabtu, Minggu. Sedangakan setiap hari Jumat, Museum Sonobudoyo buka pada jam 08:00-14:00.

Biaya retribusi Tiket masuk ke Museum Sonobudaya adalah sebesar Rp 3.000/orang (perorangan) dan Rp 2.500/orang (rombongan)

Baca juga: Lokasi Rute dan harga ke Air Terjun Sri Gethuk

7. Museum Kereta Yogyakarta

Museum Kereta Yogyakarta (Sumber: Wikipedia.org)

Museum Kereta Yogyakarta ini berada di barat Alun-alun utara Keraton Ngayogyakarta. Buka mulai pukul 08:00-16:00 dengan harga Tiket masuk ke Museum Kereta adalah sebesar Rp 5.000/orang dan biaya kamera Rp 1.000.

Museum Kereta Yogyakarta adalah salah satu destinasi yang seharusnya menjadi tujuan wisata anak muda saat ini. Karena dengan berkunjung ke Museum Kereta, kita bisa melihat koleksi berharga Keraton dan sejarah di setiap Keretanya. Masih ada Kereta yang sampai sekarang sering digunakan dalam acara-acara Keraton dan juga Kereta yang sudah tidak digunakan lagi.

Bagi yang hendak ke Museum Kereta Yogyakarta, tidak ada salahnya manfaatkan guide-gudie lokal yang merupakan abdi dalem Keraton Ngayogyakarta. Karena dari mereka, kita akan diceritakan setiap sejarah dari perjalanan dan kegunaan setiap Kereta yang ada di Museum tersebut. Jangan lupa jika sudah selesai, sebaiknya diberikan Tips seikhlasnya.

oleksi Museum Kereta Keraton Yogyakarta dikhususkan pada alat transportasi berupa kereta kuda yang pernah digunakan, baik sebagai kendaraan utama Kasultanan Yogyakarta yang digunakan untuk kepentingan Keraton, maupun pribadi Sultan. Keberadaan Museum Kereta Keraton Yogyakarta dirintis pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwana VII. Kereta kuda koleksi museum tersebut telah berusia puluhan tahun, bahkan ada pula yang mencapai usia ratusan tahun. Beberapa dari kereta kuda tersebut masih digunakan dalam upacara-upacara kebesaran Keraton, seperti: upacara penobatan Sultan, pernikahan putra Sultan, atau mengantar jenazah Sultan ke tempat peristirahatan terakhir. Dari sekian koleksi yang ada, beberapa kereta tua sudah tidak digunakan lagi karena faktor usia dan sejarah yang pernah dihantarkannya. (sumber: Jogjaprov.go.id)

8. Tamansari, Keraton, Jogja

Taman sari Jogja

Salah satu bagian dari Keraton Jogja ada sebuah Taman yang dahulunya merupakan Kebun istana tempat biasanya Raja, Permaisuri, dan putri-putrinya refreshing, yaitu Taman sari. Selain sebagai taman atau kebun istana kraton, dahulu Tamansari juga sebagai benteng pertahanan. Saat ini masih tersisa puing-puing sebagian dari Taman sari. diantaranya bagian Umbul Pasiraman, Sumur Gumuling, Gedhong Gapura Hageng, dan Pulo Kenanga.

Jam buka Taman sari adalah pada jam 09:00-15:00. Untuk harga Tiket masuknya adalah Rp 5.000/orang dan biaya kamera Rp. 3.000

Baca juga: Tips berfoto di Tamansari Jogja

9. Tugu Pal Putih Jogja
Tugu Jogja
Tugu Jogja

Tugu Jogja merupakan salah satu Landmark, atau Icon kota Jogja. Maka tak khayal banyak orang bilang,"belum ke Jogja kalau belum foto di Tugu". Sejarah Tugu Pal putih Jogja dibangun pada masa Sri Sultan Hamengkubuwono ke I dengan nama Tugu Golong-Gilig. Tugu Jogja juga merupakah garis magic yang menghubungkan antara laut selatan, Keraton Jogja, dan Gunung Merapi.

Lokasi Tugu Jogja berada di perempatan antara Jalan Mangkubumi (sekarang jalan Margo Utomo)- Jalan AM.Sangaji, dan Jalan Jendral Sudirman - Jalan Pangeran Diponegoro. Pada malam hari, Tugu Jogja ramai oleh pengunjung yang hendak mengabadikan moment mereka sebagai bukti bahwa pernah ke Jogja.

Untuk menuju ke Tugu Pal Putih dari Malioboro, anda harus jalan kaki kurang lebih 1 kilometer atau 15-30 menit ke arah utara menyeberang rel kereta api. Selama perjalanan, anda akan melewati beberapa warung Angkringan yang menjajakan makanan khas nasi kucing dan Kopi Jos.

Jika anda berada di Tugu Pal Putih, cobalah tidak hanya sekedar berfoto, melainkan melihat miniatur, sejarah Tugu yang berada di Tenggara Tugu Pal Putih.

10. Museum Benteng Vredeburg Jogjakarta
Halaman depan Museum Vredeburg (Sumber: Vredeburg.id)

Sejarah Benteng Vredeburg adalah dahulunya merupakan bekas Benteng milik penjajah Belanda untuk mengontrol pemerintahan di Keraton Ngayogyakarta. Dibangun pada tahun 1760 pada masa kekuasaan Sri Sultan HB ke I. Padapembangunan permanen awal pada tahun 1787, benteng ini bernama "Rusterburg". Hingga pada tahun 1867 Jogja mengalami gempa hebat, dan sebagian beteng hancur yang kemudian di renovasi dan diganti nama menjadi "Vredeberg" yang berarti Perdamaian.

Lokasinya berada di kawasan 0 kilometer Yogyakarta. Tepat di seberang Gedung Agung, dan depan Keraton Jogja. Untuk biaya tiket masuk ke Museum Benteng Vredeburg Jogja adalah Rp 3.000/orang, untuk jumlah rombongan minimal 20 orang harga tiket masuk ke Museum Vredeburg adalah Rp 2.5000


Itulah 10 tempat wisata disekitaran Malioboro yang bisa di kunjungi dengan jalan kaki jika anda mempunya waktu yang mepet dan budget yang minim untuk berwisata di Jogja.

Jika anda hendak berwisata ke tempat lain ke destinasi wisata jogja yang lain, kami siap mengantarkan dan mengabadikan moment berharga anda selama berwisata.

Pesona Jogja Tour juga memiliki beberapa Paket Wisata murah di Jogja dan Paket Tour murah di Jogja. Anda bisa melihat dan memilih dengan cara Klik Disini. Atau bisa juga memilih di gambar/foto dibawah. Selain itu kami juga menyediakan persewaan Mobil di Jogja dengan harga murah dan armada yang handal dan terawat.

Untuk pertanyaan dan pemesanan Paket Wisata Jogja murah atau sewa mobil di Jogja bisa hubungi Customer Service kami di 081575006002 (WA) atau Hotline di (0274) 2804333.


Lihat list Paket Wisata murah Jogja silahkan klik foto dibawah sesuai pilihan anda


Judul: Wisata dekat malioboro bisa diakses dengan jalan kaki; Ditulis oleh ; Rating Blog: 5 dari 5

Posting Komentar

0 Komentar