Bukit Klangon melihat Puncak Gunung Merapi begitu dekat

Bukit Klangon
Bukit Klangon

Salah satu Gunung berapi yang masih aktif di kota Jogja adalah Gunung Merapi. Pada tahun 2010 telah terjadi Erupsi yang mengakibatkan banyak korban jiwa termasuk sang juru kunci Mbah Marijan. Selain menelan korban jiwa, banyak rumah warga yang hancur karena terkena wedus gembel dan lahar panas.

Ada beberapa desa yang direkolasi dan di pindah rumahnya karena masuk dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB). 

Kondisi sekarang, dikawasan lereng Merapi sudah membaik, warga sudah kembali beraktifitas seperti dahulu. Seperti bertani dan mencari rumput untuk hewan ternak. Perekonomian di lereng Gunung Merapi juga makin membaik. Apalagi semenjak ada Wisata alam Lava Tour Jeep Merapi. Banyak sebagian warga yang bekerja sebagai Driver atau sopir Jeep yang dikelola oleh warga sekitar Kaliurang dan Kaliadem.

Dahulu pariwisata di lereng Merapi yang terkenal adalah di Kaliurang dan Kaliadem. Kalau ke Kaliurang terkenal dengan Taman bermain Kaliurang, Museum Ulen Sentalu, dan juga Telogo Putri. Sedangkan jika di Kaliadem, dahulu tempat terkenalnya adalah Kalikuning, Bebeng, dan Bangker Kaliadem.

Sekarang selain dua kawasan Kaliurang dan Kaliadem, ada tempat di lereng Gunung Merapi yang menawarkan pemandangan Gunung Merapi dan pemandangan alam yang tak kalah indah. Yaitu Bukit Klangon.
Jembatan Bukit Klangon Cangkringan

Dari Bukit Klangon, kita bisa melihat puncak Gunung Merapi dengan begitu jelas. Seakan puncak Gunung Merapi berada di depan kita langsung. Jarak antara Bukit Klangon dengan Gunung Merapi kurang lebih 5-6 kilometer. Dari sini, kita juga bisa melihat kawasan Bungker Kaliadem.

Baca juga: Fasilitas dan harga tiket Kedung Pedut Kulonprogo 2018

Mata pencahariaan warga di lereng Gunung Merapi Bukit Klangon adalah beternak hewan dan penambang pasir. Untuk ibu-ibu dan orang tua lanjut usia lebih banyak mencari rumput di lereng merapi dan sebagian ada yang membuka warung di Bukit Klangon. Ada juga yang menjadi Joki mengantarkan sepeda ke Start awal diatas bukit yang akan digunakan orang untuk Downhill.

Jasa untuk sekali menggunakan joki sepeda Downhill di Bukit Klangon cukup membayar Rp 10.000.

Rute akses menuju Bukit Klangon dari Pusat kota Jogja, Malioboro.

Alamat Bukit Klangon berada di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Perbatasan dengan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Untuk menuju Bukit Klangon dari pusat kota Jogja ada beberapa rute alternatif. akan kami carikan rute yang lebih mudah dimengerti dan dipahami buat orang awam jalanan Jogja.
Jarak dari Stasiun TUgu (Yogyakarta) atau dari Malioboro ke Bukit Klangon kurang lebih memakan waktu 1 jam 15 menit. Dan menempuh jarak 37 kilometer.

Yaitu melewati Candi Prambanan. 

Tepatnya, Jalan di barat Candi Prambanan, lurus ke utara akan sampai ke kawasan Bukit Klangon. Jarak antara Candi Prambanan ke Bukit Klangon adalah 22 kilometer

Jika dari Malioboro atau Stasiun Yogyakarta, arahkan kendaraan kita menuju Jalan Solo.
Dimulai dengan menuju Jalan Abu Bakar Ali menuju Stadion Kridosono. Selanjutnya menuju Jalan Triomo, Jalan Langensari dan jalan Munggur hingga sampai di Perempatan Traffic Light Gejayan. Dari Lampu merah Gejayan, arahkan kendaraan belok kanan ke arah Jalan Laksda Adisucipto. Dari Jalan Laksda Adisucipto lurus terus sampai melewati pertigaan lampu merah jembatan Fly Over Janti. Dari pertigaan Fly over janti tersebut masih lurus terus sampai kita melewati 3 Traffic Light (Lampu merah pertigaan Maguwo, Pertigaan Bandara Adisucipto, dan pertigaan Kalasan). Setelah melewati 3 pertigaan kita akan sampai ke Candi Prambanan. INGAT, JALAN di BARATNYA CANDI PRAMBANAN atau Jalan Taman Candi Prambanan Kulon (Barat singai Opak).

Dari Jalan Taman Candi Prambanan Kulon, lurus saja ke arah utara (arah Gunung Merapi). Kita akan melewati jalan Kikis Taskombang hingga sampai di sebuah pasar. Namanya Pasar Butuh. Dari pasar Butuh jalan pelan-pelan, kita akan menemukan persimpangan atau pertigaan dimana Jalan yang satunya (yang lurus) lebih kecil dari jalan yang membelok ke kiri (Lihat papan petunjuk arah). Ada papan petunjuk arah yang menunjukan arah ke Bukit Klangon. Ikuti jalan tersebut hingga sampai di Desa terakhir.

Dari Pasar Butuh ke Bukit Klangon kurang lebih 9 kilometer lagi.

Ohiya, akses jalan menuju Bukit Klangon tergolong cukup lancar dan halus, jika mengikuti Rute diatas.

Baca juga: Rute Lokasi dan Harga Tiket Bukit Panguk Kediwung

Jika kita dari arah Turi, Tempel, Magelang untuk sementara jangan dahulu menggunakan Google Map. Karena kita akan di lewatkan di jalan yang belum jadi dan masih dalam tahap pengerjaan Cor. Tunggu sampai beberapa bulan kedepan.




Retribusi Tiket Masuk wisata alam Bukit Klangon

Tidak salah jika kota Jogja salah satu tujuan destinasi favorit wisatawan domestik, atau dalam negeri. Karena semua orang tahu, bahwa berwisata di kota Jogja tidak membutuhkan budget yang besar. Termasuk jika kita berwisata ke Bukit Klangon.

Retribusi masuk wisata ke Bukit Klangon, kita akan dikenakan Tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Parkir Rp 2.000 per motor dan Rp 5.000 per mobil. Untuk parkir Bus sebesar Rp 10.000.

Cukup murah untuk sebuah tempat wisata yang menyajikan pemandangan luar biasa.

Di Bukit Klangon juga bisa untuk Camping. Lokasinya berada di atas garadu pandang. Cukup besar untuk ukuran perbukitan. Sanggup menampung jumlah tenda 100 tenda. Seperti yang belum lama ini kita lakukan mengadakan Camping Ceria Meet the Explorer di Bukit Klangon pada tanggal 15-16 Sept dengan total peserta 200 orang.

Untuk biaya Camping di Bukit Klangon adalah sebesar Rp 10.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk tiket masuk, toilet, parkir, dan uang kebersihan.


Camping Ceria
Camping Ceria Meet The Explorer

Fasilitas yang ada di Bukit Klangon

Selain Gardu pandang dan Camping area, di Bukit Klangon terdapat fasilitas yang cukup lengkap untuk mendukung pariwisata di tempat ini. diantaranya:

  • Toilet. Toilet berjumlah 5. 2 didekat warung warga dan 3 di parkiran
  • Warung warga
  • Mushala
  • Gardu Pandang
  • Tempat parkir yang luas
  • Camping Ground
  • Downhill


Tempat wisata di sekitaran Bukit Klangon, Cangkringan, Sleman


Ada beberapa tempat wisata yang bisa kita kunjungi saat kita berada di Bukit Klangon, diantaranya:

1. Makam Mbah maridjan
Seperti yang kita tahu, Sosok mbah Maridjan terkenal sebagai juru kunci Gunung Merapi. Beliau termasuk abdi dalem Keraton Yogyakarta yang dikhususkan menjaga Gunung Merapi. Pada Erupsi tahun 2010 kemarin beliau meninggal dirumahnya.

2. The Lost World Castle

The Lost World Castle
Baca juga: Harga Tiket dan Rute ke Merapi Park Jogja 2018

Sebuah bangunan yang didirikan ditanah yang merupakan Kawasan Rawan Bencana Range III. Bangunan yang hampir semua dinding bangunannya terbuat dari batu. Hampir mirip bangunan kerajaan di Jepang. Selain The Lost World Castle, ada juga Rumah Hobbit dan rumah jamur yang tepat di atas parkiran The Lost World Castle. Di sebelah baratnya ada miniatur Stone Hange yang mirip yang ada di Inggris.

Biaya Retribusi Tiket masuk ke The Lost Worl Castle adalah Rp 20.000 per orang. Sedangkan untuk masuk ke Rumah Hobbit dan Stone hange beda sendiri. Masing-masing harus bayar Rp 20.000 per orang

3. Bunker Kaliadem

Kaliadem
Kaliadem


Untuk menuju ke kawasan Bunker Kaliadem, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Kita harus menyewa Jeep. Harga Sewa Jeep sebesar 350.000 per Jeep. Sedangkan untuk masuk kawasan Kaliadem dan Plunyon Kalikuning sebesar Rp 10.000 per orang. Atau anda juga bisa sewa motor Trail dengan harga Rp 50.000 per Trail.

Harga Sewa Jeep Rp 350.00 ini sudah termasuk beberapa tempat wisata (Spot) lainnya. Seperti ke Museum sisa hartaku, Batu Alien, Sungai kuning dan beberapa tempat lainnya

4. Kalitalang, Balerante, Klaten, Jawa Tengah

Kalitalang
Kalitalang


Tak jauh dari Bukit Klangon, menuju arah timur ke arah Balerante, Klaten ada sebuah destinasi yang terhitung masih baru. Yaitu Kalitalang.

Wisata alam Kalitalang tidak jauh berbeda dengan Bukit Klangon. Dengan mengusung konsep gardu pandang dengan view Gunung Merapi.


Itulah sedikit informasi mengenai Wisata alam Bukit Klangon yang berada di Kecamatan Cangringan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Semoga Informasi ini bisa memberikan pengetahuan dan bermanfaat bagi kamu yang hendak berwisata ke Jogja.

Jika kamu hendak berwisata ke Jogja, dan membutuhkan kendaraan atau sewa mobil, bisa Hub kami di menu kontak kami. Atau di Nomor Whatsapp 081575006002 / (0274) 2804333 (Hotline).

Bagi kamu yang bingung akan destinasi wisata di Jogja, kami menyediakan Paket Wisata murah di Jogja. Ada harga yang paling murah Rp 100.000 an bagi kamu 5-6 orang.

Kamu bisa melihat perjalanan kami bersama team dan Client di Instagram @pesonajogja / @pesonajogjatour


Judul: Bukit Klangon melihat Puncak Gunung Merapi begitu dekat; Ditulis oleh ; Rating Blog: 5 dari 5

Posting Komentar

0 Komentar