10 Spot foto di The Lost World Castle Jogja yang Instagramable

The Lost World Castle berlokasi di Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Terletak di Kawasan Rawan Bencara (KRB) Range III. Banyak kontroversi yang berkembang di telinga bahwa wisata ini belum mendapatkan surat ijin dari dinas Kabupaten Sleman.

Mengemas konsep bangunan berbentuk kastil jaman dahulu khas negara Jepang. Tak heran banyak masyarakat yang menyebutnya dengan sebutan Benteng Takeshinya Jogja.


The Lost World Castle
The Lost World Castle di lereng Gunung Merapi


Rute menuju Lokasi The Lost World Castle dari pusat kota Jogja, Malioboro

Rute menuju The Lost World Castle ada dua akses yang bisa kita tuju menggunakan Motor, Mobil dan Bus. Untuk saat ini (September 2018) lokasi yang dari barat, yang melewati kopi Merapi dalam tahap renovasi. 

Rute tercepat untuk menuju The Lost World Castle dari pusat kota Jogja adalah melalui Jalan Kaliurang - Jalan Raya Merapi Golf - Jalan Bebeng - Jalan Petung

Rute yang pertama bisa melewati jalan Merapi Golf dan jalan Bebeng.
Kita mulai dari Malioboro. Arahkan kendaraan kita menuju jalan Mataram dan jalan Abu Bakar Ali yang menuju Stadion Kridosono. Dari Stadion Kridosono arahkan kendaraan kita menuju ke Jalan Suroto dan Jalan Cik DI Tiro hingga sampai Bundaran Universitas Gajah Mada (UGM). dari Bundaran UGM belok ke kiri ke perempatan Mirota UGM dan KFC. Dari perempatan ini, belok kanan ke arah jalan persatuan dan Jalan Kaliurang. 


Dari Jalan Kaliurang ini lurus terus sampai Kilometer 22. Hingga sampai di pertigaan  yang ada petujunk arah ke Kaliadem. Patokannya ada warung makan Pak No. ikuti Jalan sampai melewati Sungai Kuning yang biasa digunakan untuk Lava Tour Kalikuning. Ikutin jalan sampai ke sebuah Perempatan Kantor Kepala Desa Umbulharjo, Cangkringan. Dari perempatan ini belok ke kiri, ambil jalan yang lurus naik ke atas ke jalan Merapi Golf dan Jalan Bebeng. Hingga sampai di sebuah pertigaan yang ada petunjuk arah ke Desa Petung. ikuti jalan lurus sampai jalannya berubah menjadi jalan berbatu dan sampai di sebuah warung kopi Merapi. 

Note: Jika kita lewat jalan ini akses jalannya sangat buruk, dikarenakan merupakan rute Lava Tour mobil Jeep Merapi. Jadi pastikan kendaraan anda dalam kondisi prima.

Nah, dari warung Kopi Merapi, kita sudah bisa melihat Gapura besar bertulisan The Lost World Castle. Dari gapura ini kita akan melewati miniatur Stone Hange. Sebuah Batu yang di susun membulat menyerupai Stone Hange yang ada di London Inggris. Kita juga melewati Museum Omahku Memoriku. Sebuah bekas rumah seorang Tokoh di Dusun Petung yang hancur karen Erupsi Merapi tahun 2010 lalu. Dari Museum Omahku Memoriku sudah terlihat bangunan yang terbuat dari batu yang menjulang tinggi. Disitulah The Lost World Castle berlokasi.

Museum Sisa Hartaku
Museum sisa Hartaku di Lereng Merapi

Rute yang kedua, melewati jalan Kaliadem

Untuk rute yang kedua ini bisa diakses menggunakan Bus besar. Rutenya sama dengan yang rute pertama hingga sampai di perempatan Kantor Kepala Desa Umbulharjo. Kalau Rute yang pertama untk menuju The Lost World Castle kita belok kiri naik ke jalanan yang nanjak. Sedangkan untuk Rute yang kedua ini, kita belok ke kanan, ke Jalan Merapi Golf. 

Di Jalan Raya Merapi Golf ini kita akan melewati THE CANGKRINGAN JOGJA VILLAS and SPA. Masih lurus di Jalan Raya Merapi Golf hingga melewati Jembatan Gantung Pager Jurang masih lurus sampai di sebuah perempatan SDN 2 Cangkringan. Dari Perempatan ini, kita belok ke kiri naik ke atas lurus hingga melihat petunjuk arah bertuliskan The Lost World Castle. Ikuti Jalannya hingga sampai ke Sebuah bangunan dan parkiran di seberangnya.

Untuk menuju ke The Lost World Castle ini bisa diakses menggunakan Mobil pribadi. Motor, Bus 3/4, Bahkan Bus Besar sekalipun. 
Akan tetapi, untuk rombongan besar yang menggunaan Bus, kami rekomendasikan untuk sewa Jeep Lava Tour. Jadi selain ke The Lost World Castle rombongan juga bisa menikmati wisata Lava Tour lainnya, seperti: Bunker Kaliadem, Rumah Mbah Marijan, Batu Alien, dan Trabas Kali kuning menggunakan Jeep yang seru.


Untuk harga sewa mobil Jeep adalah sebesar Rp 350.000 per Jeep bisa untuk 4-5 orang sesuai jenis Jeepnya.







Harga Tiket Retribusi masuk ke wisata The Lost World Castle

The Lost World Castle masuk kedalam kawasan Kaliadem. Sesuai info Rute diatas ada 2 jalan akses menuju The Lost World Castle. Dimana setiap aksesnya terdapat TPR (Tempat Pemungutan Retribusi).

Retribus tiket masuk ke kawasan Kaliadem sebesar Rp 10.000 per orang

The Lost World Castle ini beroprasi terbuka untuk umum dan dikelola oleh warga sekitar sejak tahun 2016. Secara keseluruhan pembangunannya belum selesai, sehingga tiket masuk ke The Lost World Castle masih Rp 25.000 per orang. Nantinya, jika keseluruhan sudah selesai total, Tiket masuk akan menjadi Rp 60.000 per orang.

Tiket masuk sebesar Rp 25.000 per orang adalah hanya untuk masuk ke The Lost World Castle saja. Sedangkan untuk masuk ke Rumah jamur dan Rumah Hobbit yang berlokasi di atas parkiran kita harus membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang. 

Untuk masuk ke Stone Hange kita akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang.

Untuk Parkir di kawasan The Lost World Castle adalah:
  • Motor: Rp 3.000
  • Mobil: Rp 10.000
  • Bus: Rp 25.000

Kesimpulan biaya yang harus kita keluarkan untuk berwiata di Kawasan Kaliadem dan The Lost World Castle adalah:
  1. Retribusi masuk kawasan Kaliadem: Rp 10.000
  2. Tiket masuk The Lost World Castle: Rp 25.000
  3. Tiket masuk Rumah Jamur & Rumah Hobbit: Rp 20.000
  4. Tiket masuk ke Stone Hange: Rp 20.000
  5. Tiket sewa sepeda roda 3: Rp 10.000
  6. Tiket Spot foto balon udara: Rp 10.000
  7. Sewa Jeep: +/- 350.000 - 700.000 (Optional, harga sesuai rute)
  8. Parkir Motor: Rp 3.000
  9. Parkir Mobil: Rp 10.000
  10. Parkir Bus: Rp 25.000
Taman bunga Sakura di bagian barat The Lost World Castle
Taman bunga Sakura di bagian barat The Lost World Castle

Fasilitas yang ada di The Lost World Castle:

Karena terhitung masih baru, sekitar 2-3 tahun, Wisata The Los World Castle masih terus berbenah dan melengkapi fasilitas umum yang dimiliki.
Mulai dari parkiran. Tempat parkirnya lumayan luas, bahkan menampung Bus besar hingga 10 bus.
Sedangkan Toilet, kondisi Toilet terupdate per bulan September 2018 sudah selesai, bahkan bersih dan terjaga.
Terdapat Mushala untuk pengunjung yang akan shalat.

Sedangkan warung, lokasinya berada di parkiran, untuk didalam kawasan The Lost World Caste belum ada. Didalam cuma terdapat toko yang menjual aneka ragam merchandise khas The Lost World Castle seperti Kaos, Topi, dan Mug (gelas).

Selain FASUM (Fasilitas umum), ada juga beberapa spot untuk foto dan ada wahana sepeda roda 3 yang tanpa rantai, hanya mengandalkan sudut kemiringan bangunan.

10 Spot foto yang wajib anda coba saat berkunjung ke The Lost World Castle

1. Paradise Gate


Paradise Gate
Paradise Gate

2. Sayap Malaikat


Sayap Malaikat
Sayap Malaikat

3. Telur T-Rex

Telur T-Rex
Telur T-Rex
4. Bunga Sakura

Bunga sakura
Bunga sakura
5. Rumah Suku Indian

Rumah Suku Indian
Rumah Suku Indian
6. Motor Trail

Motor Trail
Motor Trail

7. Mobil Jeep

Mobil Jeep Merapi Lava Tour
Mobil Jeep

8. Foto gambar 3 D

Foto 3D
Foto 3D

9. Di atas Benteng dengan Background Gn Merapi

Benteng The Lost World Castle
Benteng The Lost World

10. Pintu masuk gerbang The Lost World Castle

Pintu Gerbang The Lost World Castle
Pintu Gerbang The Lost World Castle

Itulah beberapa spot foto yang Instagramable di The Lost World Castle Cangkringan, Sleman. Selain didalam, kita juga bisa foto di dua tempat yang masih kawasan yang sama yaitu di Rumah Jamur / Rumah Hobbit dan di Stone Hange.

Untuk lokasi batu Stone Hange dari The Lost World Castle berada di baratnya dengan jarak +/- 200 meter. Sedangkan untuk Rumah Jamur, berada di seberangnya, atau diatas parkiran, dengan jarak 100 meter dari The Lost World Castle.


Nah, Gimana? Tertarik untuk berkunjung ke The Lost World Castle?

Berikut kami berikan Tips yang harus kamu tahu sebelum berkunjung ke The Lost World Castle:
  1. Waktu yang pas berkunjung adalah pada pagi hari dan sore hari. Disarankan lebih baik di pagi hari. Biasanya dipagi hari cuaca cerah, dan Gunung Merapi terlihat gagah dan mempesona.
  2. Jika kamu punya budget lebih, sebaiknya menggunakan sewa Jeep. Karena ke kawasan lereng Merapi kita hari tau bagaimana ganasnya Erupsi Gunung Merapi tahun lalu. Jadi kita bisa menggunakan jeep menelusuri daerah-daerah dan spot-spot yang dahulu terkena dampak Erupsi Gunung Merapi.
  3. Bawalah bekal dari rumah. Walau di area parkiran sudah banyak warung, Minimal kita bawa air mineral dari rumah untuk menjaga apabila kita haus diperjalanan
  4. Gunakan Pakaian yang cerah. Karena wisata ini meruapakan wisata selfie, dimana banyak spot yang bisa kita gunakan untuk berfoto, maka sebaiknya kita gunakan pakaian yang berwarna cerah, semisal, merah atau kuning
  5. Sebisa mungkin gunakan sepatu sebagai alas kaki. Kenapa? Karena jika mulai siang, suasana disini mulai panas, dan dikaki akan terasa panas. Selain itu, agar jika kita berfoto akan terlihat kece dan cantik maksimal
  6. Jangan lupa bawa dan gunakan Gudget  kamu seperti HP dan Kamera untuk mengabadikan moment berwisata disini. 
  7. Yang paling penting adalah gunakan kendaraan yang prima, salah satunya bisa Sewa Mobil di Pesona Jogja Tour. Karena selain armadanya prima, team kami juga ramah dan bersahabat.

Tempat wisata yang berdekatan dengan The Lost World Castle:


Bukit Klangon Cangkringan
Bukit Klangon Cangkringan


Wisata terdekat dari The Lost World Castle adalah di Kaliadem dan Bukit Klangon. Jarak antara The Lost World Castle dengan Bukit Klangon adalah 6 Kilometer. Wisata alam Bukit Klangon menawarkan pemandangan Gunung Merapi yang sangat indah. Puncak Gunung Merapi seakan-akan berada di depan mata kita. Fasilitas dan wahana yang ada di Bukit Klangon yaitu adanya spot gardu pandang. Dari Gardu pandang ini, kita berfoto dengan latar belakang Gunung Merapi, selain itu juga ada Camping Ground untuk kita mendirikan tenda. Jangan khawatir, disini banyak warung yang siap melayani kita saat kita lapar dan haus.

Biasanya Bukit Klangon digunakan untuk bertemunya para komunitas pecinta sepeda gunung. Mereka biasa disini berlatih Down hill (sepeda Gunung).
Untuk detail informasi tentang Bukit Klangon (Harga tiket masuk, rute), bisa Klik DISINI.

2. Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem dan Gunung Merapi

Bunker Kaliadem merupakan saksi sejarah keganasan Erupsi Gunung Merapi tahun 2010. Dahulu Fungsi dari Banker ini digunakan jika terjadi erupsi. Akan tetapi pada tahun 2010 lalu, ada beberapa warga yang mencoba berlindung di banker Kaliadem ini, akan tetapi malah meninggal dikarenakan suhu ruangan didalam banker yang begitu panas, bahkan mengakibatkan air sampai mendidih.

Jarak antara The Lost World Castle ke Kaliadem adalah 4 kilometer. Bisa diakses melalu jalan yang halus di Jalan Raya Merapi Golf dan Jalan Bebeng. Kendaraan Pribadi yang sanggup naik sampai ke Banker Kaliadem dengan menggunakan Motor pribadi. Untuk Mobil dan Bus harus menggunakan jasa Sewa Jeep dengan harga Rp 350.000 per Jeep untuk 4 sampai 5 orang.


Itulah beberapa informasi mengenai wisata The Lost World Castle yang harus kamu ketahui sebelum kamu berkunjung berwisata disini.

Jika kamu dari luar kota Jogja dan hendak berwisata ke The Lost Castle akan lebih baik jika kamu mempercayakan perjalanan wisatamu bersama Pesona Jogja Tour. Karena kami menawarkan Paket Wisata Jogja murah yang hits dan kekinian.

Banyak List paket wisata Jogja yang kami miliki, seperti wisata budaya, wisata candi, wisata alam, wisata pantai, wisata kuliner, dan berbagai jenis Paket Wisata Jogja yang murah dan bersahabat.

Selain itu, kamu bisa memilih paket wisata ke Jogja sesuai waktu lamanya kamu di Jogja, seperti:
  1. Paket Wisata Jogja 1 hari
  2. Paket Wisata Jogja 2 hari
  3. Paket Wisata Jogja 3 hari
  4. Paket Wisata Jogja 4 hari

Untuk Pemesanan dan tanya paket wisata Jogja 3 hari tanpa hotel ini, silahkan hubungi kami dengan klik tombol dibawah:

Di Paket Wisata Jogja yang kami miliki, kami tidak hanya mengantarkan kamu ke tempat wisata, karaena kami juga akan menemani dan mengabadikan moment kebersamaan kami saat berwisata di kota Jogja. Team kami selalu di support dengan kamera DSLR, Mirrorless, dan Gopro untuk mendukung pekerjaannya mengabadikan moment indah kamu selama explore kota Jogja.


Posting Komentar

0 Komentar