Spot foto, Rute Lokasi dan harga tiket masuk ke Hutan Pinus Pengger pada malam hari

Hutan Pinus Pengger merupakan wisata paling ujung utara dari Kecamatan Dlingo, Bantul. Salah satu hutan pinus yang dirubah fungsinya menjadi kawasan wisata.

Jam buka Hutan Pinus Pengger dari jam 7 pagi hingga sampai larut malam. Justru mulai petang, pengunjung akan mulai berdatangan.

Rute tercepat menuju Hutan Pinus pengger dari pusat kota Jogja, bisa melalui jalan Wonosari dilanjutkan ke Jalan Dlingo - Pathuk.

Waktu yang tepat untuk berwisata ke Hutan pinus pengger bisa sore atau malam hari. Akan lebih baik jika sampai di Pinus pengger sore, jadi bisa melihat sunset atau matahari terbenam, setelah itu bisa berfoto dimalam hari di Spot tangan tuhan atau Spot segitiga dengan latar belakang lampu kerlap kerlip kota Jogja.

Berfoto di Spot Pinus Pengger dimalam hari

Rute akses menuju lokasi Hutan Pinus Pengger dari kota Jogja

Alamat lokasi Hutan Pinus Pengger berada di Dusun Pantirejo Jalan Patuk - Dlingo, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jarak antara Hutan Pinus Pengger dengan Malioboro kurang lebih 23 kilometer dan dapat ditempuh 30 menit sampai satu jam perjalanan. 

Untuk menuju Hutan Pinus Pengger, tidak ada Transportasi umum yang lewat. Kita bisa menggunakan Transportasi online atau sewa motor dan Sewa Mobil.

Biasanya banyak agen tour yang menawarkan Paket Wisata Jogja yang salah satu tujuan wisatanya ke Hutan Pinus Pengger.

Untuk menuju ke tempat wisata Hutan Pinus Pengger dari Maliboro, arahkan kendaraan kita untuk menuju jalan Wonosari.

Pertama-tama, arahkan kendaraan kita ke Kawasan 0 Kilometer, kemudian belok kiri ke Jalan Panembahan Senopati - Jalan Sultan Agung - Jalan Kusumanegara Lurus hingga sampai di perempatan Gedongkuning.

Baca juga: 10 Spot foto di The Lost World Castle Jogja yang Instagramable

Dari perempatan Gedongkuning belok ke kanan ke jalan Gedongkuning hingga sampai di sebuah Perempatan PLN. Dari perempatan tersebut belok ke kiri ke arah Jalan Wonosari lurus sampai melewati perempatan Ketandan (perempatan Ring Road - Jalan Wonosari).

Dari perempatan Ketandan masih lurus ke Jalan Wonosari sampai melewati beberapa lampu merah dan perempatan. Jalan Wonosari akan mulai naik, sampai melewati beberapa warung makan di pinggir jalan yang menghadap ke barat ke kota Jogja. Nanti juga akan melewati Tulisan Gunung kidul dan Gapura selamat Datang di Gunungkidul.

Dari Gapura selamat datang di Gunungkidul kurang lebih 500 meter naik ke Jalan Wonosari akan sampai ke sebuah perempatan tanpa Traffic Light. Dimana patokan perempatannya ada Polsek di kanan jalan. Nama daerahnya perempatan Patuk. Dari perempatan patuk kita belok kanan ke arah Jalan Patuk - Dlingo. 50 meter dari perempatan nanti akan menemukan pertigaan, dimana kalau lurus jalannya menurun, dan ke kanan jalannya menanjak naik. Belok ke kanan ke jalan yang menanjak naik. Ikuti jalan Patuk - Dlingo tersebut hingga melewati beberapa warung di pinggir jalan yang menghadap ke jurang atau tebing. Nama daerah ini Watu Amben.


Dari Watu Amben, ikuti terus jalan Dlingo - Patuk kurang lebih 2.5 kilometer. Akan terlihat disebelah kanan bertuliskan Hutan Pinus Pengger.

Peta Google Map Hutan Pinus Pengger




Harga Retribusi Tiket Masuk Hutan Pinus Pengger

Harga tiket masuk ke kawasan wisata alam daerah Dlingo, Bantul semua hampir sama, yaitu Rp 2.500 per orang. Sedangkan untuk biaya jasa perawatan Spot foto seikhlasnya.

Hutan Pinus Pengger buka mulai pagi sampai malam hari. Biasanya semakin sore, semakin malam pengunjung makin ramai. Karena memang di Hutan Pinus Pengger dikala malam pemandangannya sangat romantis, Spot foto dengan background lampu kota Jogja menambah suasana indah.

Khusus malam hari, di Spot Tangan dan di Spot segitiga, akan ada jasa foto yang siap mengabadikan moment anda di Spot tersebut. Untuk biaya jasa foto di Hutan Pinus pengger adalah Rp 4.000 per file foto digital bisa di transfer lewat HP Andriod.

Hutan Pinus Pengger
Spot Tangan Tuhan di Pinus Pengger
Jika kondisi ramai pengunjung, biasanya akan disediakan nomor antrian untuk jasa foto di setiap Spot. Akan tetapi, jika kita tidak menggunakan jasa foto di Hutan Pinus penggerpun diperbolehkan, tapi juga harus ambil nomor antrian.

Baca juga: Harga tiket masuk dan rute ke Jurang Tembelan dari Malioboro

Tips!
Jika tidak menggunakan jasa foto di hutan pinus pengger, kita WAJIB membawa tripod dan kamera  DSLR atau Mirrorles. Karena untuk mengambil foto dimalam hari menggunakan kamera DSLR harus dengan settingan shutter speed rendah. Dan biasanya jika settingan Shutter Speednya rendah tanpa Tripod dan hanya menggunakan tangan langsung akan mudah goyang, dan hasilnya foto akan blur
Untuk harga parkir di Hutan pinus Pengger, adalah sebagai berikut:
Parkir motor: Rp 3.000 per motor
Parkir mobil: Rp 5.000 per mobil
Parkir Bus: Rp 10.000 per bus

Fasilitas yang ada di Huan Pinus Pengger

Di Hutan Pinus Pengger secara fasilitas umum pendukung sudah lengkap, mulai dari sisi area parkir sudah luas, cukup menampung berbagai jenis kendaraan seperti motor, mobil dan bus.

Fasilitas umum lainya di Hutan Pinus Pengger juga terdapat warung makan, Toilet, mushala, lampu penerangan jalan dan lampu penerangan Spot foto. Bahkan ada aula yang juga bisa digunakan untuk keperluan acara seperti gathering dan talk show.


9 Spot foto di Hutan Pinus Pengger


1. Spot Tangan

Hutan Pinus Pengger
Spot Tangan di Pinus Pengger

2. Spot Segitiga

Spot foto Pinus Pengger
Spot Segitiga dimalam hari

3. Spot Gapura

spot Gapura pinus pengger
Spot gapura dari ranting

4. Spot Selfie


Pinus Pengger
Spot Selfie Hutan Pinus Pengger

5. Spot Sapu lidi raksasa

Hutan Pinus Pengger
Spot Sapu lidi raksasa
6. Spot Gardu Pandang

Gardu Pandang Pinus Pengger
Spot Gardu pandang 

7. Spot Gapura Bulat

Spot Ranting Hunta Pinus Pengger
Spot Gapura bulat

8. Spot batu Goyang

Spot Batu Goyang
Spot Batu Goyang

9. Spot Gardu Pandang 2

Gardu pandang di Hutan Pinus Pengger
Spot Gardu pandang 2


Tempat wisata terdekat dari Hutan Pinus Pengger


Selain bisa berwisata ke Hutan Pinus Pengger, kita juga bisa menikmati hutan pinus dan wisata alam lainnya tida jauh dari Hutan Pinus Pengger.

Berikut beberapa tempat wisata yang bisa kita datangi selain ke Hutan Pinus Pengger:

1. Puncak Becici

Tidak jauh dari hutan pinus pengger, keselatan kurang lebih berjarak 5 kilometer ada wisata alam yang hampir sama, yaitu Puncak Becici. Di Puncak Becici kita bisa menikmati pemandangan alam kota Jogja dari atas bukit. Di tempat wisata alam ini juga terdapat beberapa spot untuk berfoto yang instagramable, diantaranya; Spot marasupilami, Spot rumah kayu, Spot panggung hutan.

Puncak Becici
Rumah pohon spot andalan di Puncak Becici


2. Watu amben

Watu Amben merupakan kawasan warung makan yang berada di di pinggi bukit dengan view alam kota Jogja. Disini berjejer warung makan yang mulai buka dari siang sampai malam hari. Waktu yang tepat untuk ke Wisata Watu Amben adalah dimalam hari. Karena dimalam hari, kita bisa melihat kota Jogja dari ketinggian

Baca juga: Harga menu makanan dan Rute ke Jogja Airport resto Kuliner didalam pesawat


3. Pintoe Langit

Pintoe Langit terhitung Tempat wisata alam di daerah Dlingo yang paling muda. Jarak ke Pintoe Langit dari Pinus Pengger kurang lebih 6.5 kilometer kearah selatan. Jika dari Puncak Becici masih keselatan. Di Pintoe Langit terdapat Spot andalan berupa daun pintu yang dibangun dipinggir tebing dan ada Spot Piano yang terbuat dari kayu.

Spot Pintoe Langit
Spot Pintoe Langit

4. Lintang Sewu

Lokasi Wisata alam Lintang Sewu tidak jauh dari Wisata alam Pintoe Langit. View pemandangan di Tempat wisata Lintang sewu sama dengan yang ada di Pintoe Langit, yaitu kota Jogja. Akan tetapi secara jumlah Spot, di Bukit Lintang sewu lebih banyak pilihan Spot untuk berfoto dari pada di Pintoe Langit

Bukit Lintang Sewu Dlingo
Bukit Lintang Sewu

Itulah 4 tempat wisata di Daerah Dlingo yang berdekatan dengan Hutan Pinus Pengger. Selain ke empat wisata diatas, masih banyak tempat wisata lainnya yang tak kalah indah dan menyenangkan. Seperti Hutan Pinus Asri, Hutan Pinus Mangunan, Seribu Batu Songgo Langit, dan Kebun Buah Mangunan.

Tips berwisata ke Hutan Pinus Pengger:


  1. Berwisata ke Hutan Pinus Pengger lebih pas diwaktu sore hari atau malam hari
  2. Jika berwisata ke Hutan Pinus Pengger dimalam hari dengan kamera sendiri jangan sampai lupa membawa Tripod
  3. Lebih baik menggunakan sendal gunung atau Sepatu. Konstruksi tanah di Hutan pinus sering kali menanjak dan naik turun. Jadi dengan menggunakan sepatu akan lebih memudahkan kita untuk jalan
  4. Siapkan bekal. Minimum air mineral, karena dari parkiran ke tujuan Spot foto kita harus jalan kaki yang akan menguras tenaga.
  5. Jika musim hujan, jangan lupa persiapkan payung atau jas hujan plastik


Itulah sedikit informasi mengenai Rute lokasi menuju Hutan Pinus Pengger dari pusat kota Jogja Malioboro, Harga tiket masuk ke Pinus Pengger, dan 9 Spot foto yang Instagramable di Pinus Pengger.

Baca juga: Paket Wisata Jogja ke Tamansari, Pulepayung dan Kedungpedut

Jika anda hendak berkunjung Berwisata di Jogja, pastikan Tour Agennya hanya Pesona Jogja Tour, karena kami adalah Agen Tour yang profesional dan handal di dunia Pariwisata Jogja.

Kami tersedia beberapa Paket Wisata Jogja pilihan sesuai keinginan anda, ada Paket Wisata Jogja 1 hari, Paket Wisata Jogja 2 hari, Paket Wisata Jogja 3 hari dan Paket Wisata Jogja 4 hari.

Selain paket wisata Jogja tersebut, kami juga menyediakan persewaan mobil yang murah dan bersahabat.

Kami merupakan sewa mobil di Jogja terbaik dengan armada lengkap dan terawat. Selain itu, team kami profesional siap mengantarkan anda berwisata di Kota Jogja dengan ramah.

Jangan ragu dan sungkan untuk menghubungi kami Pesona Jogja Tour:
081575006002 (WA)
(0274) 2804333 (Hot Line)

Atau bisa KLIK Banner diatas Website dan dibawah Website ini

Posting Komentar

0 Komentar