5 Pantai Indah di Jogja untuk Camping menikmati Tahun baru 2019

Pantai Sedahan
Camping Seru di pantai Sedahan Gunungkidul


Berikut 5 Pantai di Jogja yang pas buat Camping mendirikan tenda untuk menikmati pergantian Tahun baru 2018 ke tahun 2019.

Tahun baru 2019 sebentar lagi, saatnya menyiapkan diri untuk mencari tempat yang seru dan mencari seseorang yang bisa diajak untuk menghabiskan malam tahun baru dari tahun 2018 ke tahun 2019.


Berikut pesonajogjatpur.net rekomendasikan Pantai indah di Jogja yang layak untuk camping menghabiskan malam pergantian tahun:

1. Pantai Ngrumput, Pantai Drini, Puncak Kosakora

Camping di Pantai Jogja
Camping ceria di Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput berada dekat dengan kawasan Pantai Drini, Tepatnya di sebelah timur Pantai Drini dan Pantai Watu Bolong. 

Untuk menuju Pantai Ngrumput, kita harus berjalanan kurang lebih 300 meter dari parkiran, menelusuri ladang milik warga dan bukit-bukit karang dikanan-kiri.

Rute menuju Lokasi Pantai Ngrumput kamu harus menuju ke Pantai Drini dahulu. Dan berikut rute menuju Pantai Ngrumput jika kamu dari pusat kota Jogja:

Malioboro - Perempatan kawasan 0 kilometer belok kiri - Jalan Panembahan senopati lurus - Perempatan Gondomanan lurus - Jalan Sultan Agung lurus - Jalan Kusumanegara lurus - Perempatan Gedongkuning ke kanan - Jalan Gedongkuning lurus - Perempatan PLN Gedongkuning kiri - Jalan Wonosari lurus - Perempatan Ketandan Ringroad lurus - Jalan Wonosari lurus - Piyungan lurus - Bukit Bintang naik lurus terus - Bunderan Siyono Playen Belok kanan - Jalan Kyai Legi - Perempatan Ringroad Jalan Baron belok ke kanan - Jalan Baron lurus sampai TPR Pantai - Ambil lurus yang ke Pantai Drini, Pantai Sundak, Pantai Krakal - Cari petunjuk arah ke Pantai Drini, Lokasi Pantai Ngrumput berada di timurnya Pantai Drini.

Peta Google Map Pantai Ngrumput




Selain Pantai Ngrumput, didaerah ini ada beberapa tempat dan pantai yang bisa juga digunakan untuk bercamping. Diantaranya Pantai Drini, Pantai Watubolong, dan Puncak Kosakora.

Di Pantai Watubolong, kita bisa mendirikan tenda untuk Camping diatas tanah berumput dan bukan di Pasir Putih. Kelebihan Pantai Watu Bolong adalah jauh dari rumah warga dan warung-warung, jadi masih alami.

Sedangkan di Pantai Ngrumput dan Puncak Kosakora dekat warung warga, jadi jika anda malas atau lupa membawa bekal konsumsi, anda bisa membeli makanan dan minuman diwarung yang tersedia. Selain itu anda juga bisa meminjan listrik untuk charge HP

Jika kamu hendak Camping di Pantai Watubolong yang berlokasi di Baratnya Pantai Ngrumput dan pantai Drini sebaiknya kamu berangkat disiang hari, supaya bisa menikmatu sunset atau matahari terbenam.

Puncak Kosakora berada diatas bukti disebelah timurnya Pantai Ngrumput. Dari bukit ini juga merupakan spot yang pas untuk camping dan menikmati indahnya matahari terbenam atau sunset.


Biaya Retribus Camping saat musim liburan seperti pergantian Tahun baru di Kawasan Pantai Drini, Pantai Watubolong, Pantai Drini, dan Puncak Kosakora adalah:
Retribusi masuk kawasan Pantai Baron dan sekitarnya: Rp 10.000
Parkir: Rp 5.000
Sewa tempat mendirikan Tenda: Rp 25.000/tenda

Sebaiknya membawa tenda sendiri dari kota Jogja. Kamu bisa menyewa di beberapa persewaaan peralatan outdor dan alat camping. Harga sewa tenda di Jogja sekitar Rp 35.000 per tenda kapasitas 4 orang untuk hari biasa. Sedangkan Tahun baru bisa naik sampai Rp 70.000 per tenda.

Sedangkan jika anda malas membawa tenda, anda juga bisa menyewa di warung di sekitar pantai Ngrumput. Pas musim liburan seperti tahun baru, harga sewa tenda camping bisa mencapai Rp 100.000

Baca juga: Harga Tiket masuk dan Snorkeling di Pantai Nglambor Gunungkidul

Puncak Kosakora
Puncak Kosakora di atas Pantai Ngrumput


2. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat
Camping seru bersama sahabat di Pantai Kesirat


Pantai Kesirat merupakan Pantai di Gunungkidul yang tidak memiliki pasir putih. Pantai ini lebih tepatnya disebut Bukit, karena memang kontur pantai ini merupakan tebing-tebing di pinggir Pantai.

Ciri khas Pantai Kesirat mempunyai sebuah pohon yang dikenal dengan pohon kesirat. Pohon ini dianggap kramat oleh warga sekitar. Jadi harap hati-hati saat anda berada di Pantai ini

Baca juga: Paket Wisata Jogja 3 hari 2 malam

Untuk menuju ke Pantai Kesirat kita bisa menggunakan kendaraan pribadi sepeda motor dan mobil. Kondisi akses jalan menuju Pantai Kesirat sudah beraspal halus sampai bibir Pantai. Secara lebar memang cukup kecil untuk dua mobil saling bertemu.

Di area Pantai Kesirat tidak ada rumah warga, cuma ada 1 warga yang merupakan penjaga parkir sekaligus satu-satunya warung yang ada di Pantai Kesirat.

Rute Peta menuju Pantai Kesirat




3. Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu
Camping di Pantai Wohkudu


Tidak jauh dari Pantai Kesirat, ada sebuah Pantai yang juga bisa digunakan untuk camping, yaitu Pantai Wohkudu.

Perbedaannya, di Pantai ini ada pasir putihnya yang diapit bukit di kanan kirinya. Jika hendak menikmati matahari terbit atau terbenam, kita bisa naik disalah satu bukit yang ada di sekitar Pantai.

Jika kita menuju ke Pantai Kesirat, kita akan melewati parkiran Pantai Wokudu ini dahulu. Kita harus berjalan kurang lebih 300 meter dari Parkiran untuk menuju ke Pantai Wohkudu.


Disekitar pantai tidak ada fasilitas penunjang, seperti toilet, mushala, dan warung. Jadi benar-benar alami. Jadi jika kamu hendak camping di Pantai ini pastikan bekal kamu seperti konsumsi dan peralatan campingnya harus lengkap.


4. Pantai Sedahan dan Pantai Greweng


Suasana ramai Camping Tahun baru di Pantai Sedahan

Kabupaten Gunungkidul terkenal dengan panorama pantai berpasir putih nan indah. Masih banyak pantai yang alami dan jarang didatangi wisatawan. Salah satu pantainya adalah Pantai Sedahan dan Pantai Greweng.

Alamat lokasi Pantai Sedahan berada di Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883.




Pantai ini berada di sebelah timur Pantai Wediombo. Kurang lebih 1,5 kilometer jalan kaki dari Pantai Wediombo.

Dari sekian banyak pantai di Gunungkidul, kami sangat merekomendasikan Pantai Sedahan dan Pantai Greweng untuk Camping. Karena bentuk pantai ini cekung seperti huruf C.

Baca juga: Paket wisata Jogja 2 hari 1 malam

Kekurangan pantai ini adalah akses jalan menuju Pantai Sedahan belum baik, masih berbatu karang yang terjal.

Selain itu, di lokasi pantai sedahan masih jarang rumah warga, minim fasilitas umum seperti toilet, warung dan mushala untuk shalat.

Untuk menuju Pantai Sedahan, kita harus melaju kendaraan kita ke Pantai Wediombo. Kita bisa parkir kendaraan kita di Pantai Wediombo, dan dilanjutkan jalan kaki menuju Pantai Greweng atau Pantai Sedahan.

Camping di Pantai Greweng Gunungkidul



5. Bukit Pengilon Pantai Siung

Bukit Pengilon
Bukit Pengilon Pantai Siung

Pantai Siung berada di sebelah timur Pantai Nglambor dan di sebelah barat Pantai Wediombo. Lokasi yang terkenal dan cocok untuk camping adalah di Bukit Pengilon.

Hampir sama dengan Pantai Kesirat, di Bukit Pengilon juga berada di sebuah bukit nan hijau berada di sebelah timur pantai Siung.

Selain Pantai siung dan Bukit Pengilon, pas musim hujan kita bisa melihat air terjun di Pantai banyunibo. Sebuah pemandangan yang indah dan menarik

Harga Tiket Retribusi ke Pantai siung sebesar Rp 5.000 per orang.
Sewa tempat untuk mendirikan tenda sebesar Rp 10.000 per tenda


Itulah 5 Pantai indah di Jogja yang bisa digunakan untuk Camping Tahun baru 2019. Sebenarnya masih banyak Pantai di Jogja yang indah dan masih alami yang cocok untuk Camping bersama sahabat-sahabat kamu.



Judul: 5 Pantai Indah di Jogja untuk Camping menikmati Tahun baru 2019; Ditulis oleh ; Rating Blog: 5 dari 5

Posting Komentar

0 Komentar