Harga tiket masuk dan Biaya 7 Spot foto di Teras Kaca Pantai Nguluran

Teras Kaca merupakan tempat wisata yang terhitung baru dan alamat lengkap Teras Kaca berada di Dusun Bolang, Girikarto, Panggang, Gunungkidul, Jogjakarta. 

Sejarah awal mula teras kaca akan dibangun sebuah Resort atau villa dengan view pantai. Dimana pada pembangunan awal adalah sebuah teras dipinggir tebing diatas laut selatan dengan lantai terbuat dari kaca dan rangka besi.

Hingga ada warga yang tidak sengaja mampir untuk berfoto di spot teras kaca tersebut dan di upload ke sosial media Instagram hingga menjadi viral, dan banyak masyarakat yang penasaran untuk berfoto.

Semakin lama semakin ramai pengunjung dan akhirnya di tarik biaya Rp 10,000 per orang untuk bisa foto di Teras Kaca oleh mandor atau tukang yang sedang bekerja membangun villa.

Hingga akhirnya pemilik mengetahui bahwa villa yang akan dibangunya malah menjadi ramai pengunjung yang sedang berfoto dan ditarik biaya oleh tukang yang seharusnya bekerja membangun villanya.

Dan sekarang yang semula akan dibangun villa, berubah menjadi spot wisata baru untuk berfoto yang instagramable.


Teras Kaca
Teras Kaca

Rute akses menuju lokasi Teras Kaca dari pusat kota Jogja Malioboro


Untuk menuju Teras kaca, kita harus menggunakan kendaraan pribadi, atau dengan sewa mobil Jogja beserta drivernya, karena untuk menuju ke Teras Kaca tidak ada transportasi umum dari pusat kota Jogja.

Kamu bisa juga mengambil Paket wisata Jogja dengan tujuan ke teras kaca dan juga ke destinasi lainya. Kamu tidak akan pusing mencari rutenya dan waktu juga tidak terbuang sehingga kamu bisa mendapatkan beberapa destinasi lainnya yang bisa dikunjungi saat di kota Jogja.

Untuk sewa mobil di Jogja dan Paket wisata Jogja, bisa Klik Tombol "ORDER VIA WHATSAPP" dibawah.

Jika kamu rombongan besar menggunakan bus / bis, kamu akan jalan kaki lumayan jauh dan menguras tenaga. Karena Parkiran Bus Teras Kaca berjarak kurang lebih 500 meter dari lokasi.

Sedangkan untuk kendaraan mobil akses masuknya cukup untuk 1 mobil, sehingga harus bergantian saat ada mobil masuk dan mobil yang akan keluar.

Baca juga: 5 Pantai Indah di Jogja untuk Camping

Rute tercepat untuk menuju lokasi teras kaca dari kota Jogja adalah sebegai berikut:

Jalan Malioboro - Perempatan kawasan 0 kilometer belok kiri - Jalan Panembahan Senopati - Perempatan Gondomanan belok kanan - Jalan Brigjen Katamso - Perempatan Jokteng Timur lurus - Jalan Parangtritis lurus kurang lebih menempuh jarak 11 kilometer hingga melewati 3 lampu merah sampai ke lampu merah ke-4 Perempatan Bakulan - Perempatan Bakulan belok kiri - Jalan Bakulan Imogiri lurus - Per tigaan SMK Muhammidyah Imogiri (sebelum Kecamatan Imogiri) Belok kanan - Jalan Imogiri Siluk - Jembatan dan pertigaan Siluk lurus ke Jalan Siluk Panggang lurus sampai jalan naik menanjak - melewati kopi panggang yang ada monumen mobil listrik lurus - Pertigaan terminal Panggang belok kanan lurus - Perempatan Jalur Lintas selatan lurus - Ikuti Jalan sampai di pertigaan desa Bolang belok kanan lurus - Ikuti jalan naik turun akan ada petunjuk arah dan banner dikanan kiri jalan bertuliskan Teras Kaca.





Harga Tiket masuk dan harga Spot foto di Teras Kaca Pantai Nguluran

Untuk bisa berfoto kece dan keren di atas Spot foto teras kaca, ada beberapa biaya yang harus kamu siapkan dan keluarkan dari kantong dompetmu.

  1. Biaya retribusi masuk teras kaca sebesar Rp 5.000 per orang
  2. Biaya Spot foto Teras Kaca sebesar Rp 20.000 per orang
  3. Biaya Spot foto Glass Boat sebesar Rp 30.000 per orang
  4. Biaya Spot foto Becak Terbang sebesar Rp 10.000 per orang
  5. Biaya Spot foto Giant Chair (Kursi raksasa) sebesar Rp 10.000

Tarif Prewedding di teras kaca:
Prewedding selama 30 menit di teras kaca dikenakan biaya Rp 300.000
Prewedding selama 1 jam di teras kaca dikenakan biaya Rp 500.000

Selain Spot foto berbayar diatas, ada Spot foto gratis di Teras kaca yang disediakan sembari pengjungun menunggu antrian. Yaitu Spot ayunan, Spot Bangku Taman, dan Spot Pintu kayu.

Seluruh Spot diatas, bisa anda lihat contoh fotonya dibawah.

Selain mengeluarkan duit untuk berfoto di spot foto di teras kaca, ada peraturan yang harus di ikuti oleh pengunjung yang sedang menggunakan jasa spot foto untuk berfoto, yaitu lama berfoto untuk setiap orang adalah 2 menit.

Misal kamu rombongan berlima ingin foto di Teras Kaca dan Glass Boat. Kamu harus mengeluarkan biaya masuk sebesar Rp 25.000. Kemudian membeli tiket Spot foto Teras kaca seharga Rp 100.000 untuk berlima dan akan diberikan nomor antrian berurutan berwarna kuning. Ditambah Tiket Glass Boat Rp 150.000 untuk berlima dan akan diberikan Nomor berurutan berwarna coklat.

Nanti setelah mulai giliran kamu untuk berfoto berlima, kamu akan diberikan waktu 2 menit kali 5 orang, yaitu 10 menit untuk berfoto berlima.

Jika kamu tidak membawa kamera sendiri, di teras kaca juga terdapat jasa fotographer yang akan membantu kamu mengabadikan moment saat berfoto diatas teras kaca menggunakan kamera DSLRnya.

Harga jasa foto di teras kaca adalah dihitung per file foto yang akan kamu ambil. Harga per file foto dari jasa foto di teras kaca adalah sebesar Rp 4.000. Jika borongan semua file foto akan lebih murah sesuai jumlah fotonya dan pintar-pintarnya menawar.

Total untuk berfoto dan berwisata di Teras Kaca lima orang menghabiskan uang 275.000 (belum dengan parkir dan jasa foto)

Sedangkan untuk biaya Parkir mobil di Teras Kaca sebesar Rp 10.000, biaya parkir motor sebesar Rp 3.000 dan Parkir Bus sebesar Rp 30.000


Fasilitas tersedia yang ada di tempat wisata Teras Kaca Pantai Nguluran

Walau terhitung masih baru, tempat wisata teras kaca sudah memiliki fasilitas umum yang lengkap dan menunjang masyarakat berkunjung.

Sudah terdapat parkiran untuk motor, mobil, dan bus. Walaupun parkir Bus / bis berjarak 500 meter dari lokasi teras kaca.

Berada diluar area teras kaca, di sekitar parkir area banyak warung-warung warga yang menyediakan jajanan, makanan dan minuman untuk para pengunjung.

Masuk melewati gerbang, kamu akan melihat pos jaga dan pos Loket Tiket masuk Teras Kaca.
Berjalanan turun dari Loket kamu akan melewati Loket karcis Spot foto. Disini kamu bisa memilih dan membeli karcis spot foto mana yang kamu inginkan.

Fasilitas lainnya, ada Toilet umum yang ribet.
Kenapa Kami sebut Ribet? Karena untuk masuk menggunakan Toilet kita harus lepas alas kaki seperti sendal dan sepatu. Ada tukisan besar bertuliskan "Alas kaki mohon dilepas". Selain Ribet harus copot alas kaki, kita juga harus membayar jasa kebersihan Rp 3.000 untuk buang air.

Baca juga: Lokasi dan Harga biaya bermain Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo

Jadi sebaiknya sebelum masuk ke dalam Teras kaca, lebih baik buang air didekat Parkiran diantara warung warga.

Tidak jauh dari Toilet ribet ada mushala yang bisa digunakan untuk beribadah. Selain itu juga ada aula yang bisa digunakan untuk berteduh saat matahari terik dan hujan turun.

Tak jauh dari Aula, ada warung makan satu-satunya yang jualan didalam komplek teras kaca. Di warung ini juga menjual bakso, mie instan, kelapa muda dan air minum.

Selebihnya dekat dengan spot-spot foto ada entah dinamakan bangku kursi atau meja karena tingginya untuk duduk terlalu tinggi, sedangkan untuk meja tidak ada barang yang bisa ditaruh diatasnya.

Disebelah barat, ada 2 gasebo yang cukup menampung 5 orang berteduh dan memakan cemilin sembari menunggu antrian foto


7 Spot foto yang ada di Teras Kaca Pantai Nguluran



1. Teras Kaca

Maskot dan pelopor berdirinya tempat wisata ini adalah spot foto berbentuk Teras yang berlantai kaca. Biaya tiket spot foto teras kaca sebesar Rp 20.000 per orang selama 2 menit foto

teras Kaca
Spot foto Teras kaca


2. Glass Boat

Kenapa dinamakan Glass Boat? Karena Spot ini berbentuk kapal dengan ujungnya yang lancit. Lantai Spot ini sama terbuat dari kaca seperti di spot teras kaca. Selain itu diatas lantai terdapat 2 kursi dan meja sebagai pelengkap foto supaya terlihat fotogenic.

Biaya Spot foto Glass Board di teras kaca sebesar Rp 30.000 per orang selama 2 menit.

Spot Glass Board di Teras Kaca
Spot Glass Board di Teras Kaca

3. Spot foto Becak Terbang

Mungkin adanya Spot foto ini adalah sebagai ciri khas bahwa di kota Jogja masih terdapat becak sebagai moda transportasi. Biaya untuk foto di Spot becak terbang sebesar Rp 10.000.

Becak ini bisa dinaikan menggunakan hidrolik yang dipompa menggunakan compresor disampingnya

Spot Becak Terbang di Teras Kaca
Spot Becak Terbang di Teras Kaca

4. Giant Chair (Kursi rakysasa)

Lokasi Spot ini berada diatas bukit, jadi kita harus berjalanan naik menanjak. Bagi yang tidak terbiasa olahraga akan terasa engap dan capek.

Biaya tiket untuk berfoto di Spot Giant Chair sebesar Rp 10.000 per orang

Teras Kaca
Spot foto kursi raksasa di Teras Kaca

5. Spot Bangku Taman

Spot ini gratis disediakan untuk menghabiskan waktu sembari menunggu antrian. Lokasinya diantara Spot teras Kaca dan Spot Becak Terbang

Teras Kaca
Spot Bangku Taman yang bisa digunakan untuk foto Gratis


6. Ayunan Badai Laut

Spot Ayunan badai Laut ini juga disediakan gratis bagi siapa saja yang mau mencobanya. Sengaja disediakan agar pengunjung punya kegiatan lain dan tidak suntuk, jadi bisa berfoto-foto di spot gratisan

Teras Kaca
Ayunan di Teras Kaca yang bisa digunakan untuk bermain berpanasan sembari nunggu antrian 


7. Spot Pintu Samudra

Spot pintu ini terbuat dari kayu yang tahan terhadap korosi air laut. dan sangat unik berbentuk vintage cocok untuk berfoto ala kerajaan tempo dulu. Akan lebih cocok jika kamu menggunakan pakaian adat atau menggunakan pakaian lurik.

Spot ini disediakan Gratis bagi pengunjung teras kaca tanpa dipungut sepeserpun. Cocok bagi anda yang berjiwa gratisan.

Teras Kaca
Udah anggap saja bagus dan artistik




Tips dan Trik sebelum berwisata Teras Kaca:

Sebelum berkunjung berwisata ke Teras Kaca, akan lebih baik kamu tahu beberapa tips dari kami supaya tidak menyesal saat sudah sampai. Karena kami baca review di google mengenai Teras kaca, lebih banyak orang yang menyesalkan antrian yang panjang dan lama.

Baca juga: Harga Tiket masuk dan Snorkeling di Pantai Nglambor Gunungkidul

Berikut Tips dan Trik yang harus kamu ketahui sebelum menuju Teras Kaca:

  1. Jangan pas Weekend dan High Season (Libur lebaran, Natal, Tahun baru), karena bakalan ramai dan antri lama. Datanglah pas weekday atau hari senin sampai jumat.
  2. Datang lebih pagi, Jam 6 pagi dari pusat kota Jogja. Karena jarak dari kota Jogja menuju Teras kaca akan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam sampai 1,5 jam perjalanan.
  3. Booking dahulu Tlp ke Marketing teras kaca jauh-jauh hari untuk mendapatkan Nomor antrian depan
  4. Gunakan Sunblock bagi yang takut kulitnya hitam
  5. Pas musim hujan, selalu bawa jas hujan atau payung
  6. Lebih baik menggunakan alas kaki sendal, karena untuk foto diatas teras kaca dan GlassBoat kamu harus lepas alas kaki. Selain itu, jika kamu kebelet buang air kamu juga akan disuruh lepas alas kaki
  7. Siapkan dana buged untuk membeli karcis tiket Spot foto
  8. Gunakan pakaian berwarna Cerah, seperti warna merah, kuning, ungu. Jangan baju berwarna putih atau biru, karena akan kontras dengan latarbelakang laut dan langit
  9. Bawa kamera DSLR/Mirrorless sendiri dari rumah. Atau jika tidak punya, bisa menggunakan jasa foto yang sudah ada di Teras Kaca.


Wisata lain terdekat dari Teras Kaca:


1. Pantai Gesing

Lokasi Pantai Gesing jika kamu keluar dari parkiran Teras kaca belok ke kanan dijalan beraspal. Kurang lebih berjarak 1 kilometer.

Pantai Gesing merupakan Pantai Nelayan berpasir putih. Disini juga terdapat warung-warung makan yang menjualan seafood hasil tangkapan nelayan.

Di Pantai Gesing juga terdapat Spot foto yang disediakan. Untuk berfoto di Spot foto Pantai Gesing kita akan dikenakan biaya Rp 5.000 per orang.

Untuk harga tiket retribusi masu ke Pantai Gesing sebesar Rp 10.000 per orang
Pantai Gesing
Pantai Gesing

2. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat terletak di sebelah barat Teras Kaca. Struktur Pantai Kesirat lebih ke tebing dan bukan berpasir putih.

Pantai ini paling cocok untuk berkemah atau juga untuk memancing ikan laut.

Retribusi tiket masuk ke Pantai Kesirat sebesar Rp 10.000 per orang

Pantai Kesirat
Sunset di Pantai Kesirat

3. Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu ini berdekatan dengan Pantai Kesirat. Jika kamu hendak ke Pantai Kesirat, kamu melewati Pantai Wohkudu.

Untuk menuju ke Pantai Wohkudu, kamu harus berjalanan kaki dari Parkiran motor kurang lebih 300 meter.

Retribusi masuk ke Pantai Wohkudu satu Tiket dengan Pantai Kesirat.
Pantai ini juga cocok untuk camping. Dibandingkan dengan Pantai Kesirat, Pantai Wohkudu mempunyai Pasir putih

Pantai Wohkudu
Camping Seru di Pantai Wohkudu


Itulah Harga tiket masuk dan Biaya 7 Spot foto di Teras Kaca Pantai Nguluran yang bisa kami infokan, semoga bisa membantu kamu sebelum berkunjung ke Teras Kaca Pantai Nguluran.

Posting Komentar

0 Komentar