Candi Prambanan; Sejarah singkat, Harga tiket masuk, Jam buka, dan mitosnya

Candi Prambanan
Candi Prambanan Yogyakarta


Candi Prambanan, Merupakan Candi Hindu terbesar di Indonesia dan termasuk kedalam situs warisan dunia UNESCO. Perlu diketahui, UNESCO adalah sebuah organisasi dari Perserikatan Bangsa-bangsa yang menaungi pendidikan, keilmuan dan kebudayaan dunia. 

Dalam artikel ini, anda akan mendapatkan informasi mengenai: Sejarah singkat Candi Prambanan, Alamat dan lokasi, Harga tiket masuk, jam operasional, dan beberapa tempat spot di Candi Prambanan yang bisa untuk foto kece dan instagramable.


Sejarah singkat Candi Prambanan dibangun pada masa pemerintahan raja?


Sejarah candi

Sejarah singkat candi Prambanan, dibangun pada tahun 9 Masehi. Dibangun untuk 3 dewa utama agama Hindu (Trimurti), yaitu Dewa Brahma, Dewa Siwa, dan Dewa Wisnu.

Yang perlu diketahui oleh kebanyakan orang dan wisatawan adalah bawah Candi ini lebih diperuntukan memuja Dewa Siwa sebagai dewa pemusnah. Kenapa? Karena didalam bangunan Candi Utama terdapat patung dewa Siwa setinggi 3 meter. Lebih tinggi dibandingkan patung atau arca yang ada didalam Candi lainnya.

Menurut prasasti Siwagrha, candi ini mulai dibangun pada sekitar tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan, dan terus dikembangkan dan diperluas oleh Balitung Maha Sambu, pada masa kerajaan Medang Mataram (sumber wikipedia.org).

Perlu diingat, bawah Rakai Pikatan adalah Raja Mataram Kuno. Kerajaan Mataram kuno juga biasa disebut: Medang i Bhumi Mataram, Mataram Hindu, Mataram I atau Mataram Lama, nama sebuah kerajaan berlatar belakang Hindu-Buddha di Jawa Tengah pada abad ke-9 sampai ke-10 Masehi

Mitos Candi Prambanan

Mitos yang terkenal adalah mengenai cerita rakyat Roro Jonggrang. Roro Jonggrang digambarkan seorang putri yang cantik dan akan dilamar oleh seorang pangeran bernama Bandung Bondowoso. Dimana Roro Jonggrang memberikan syarat kepada Bandung bondowoso untuk bisa meminangnya adalah dengan cara membuatkan 1000 Candi dalam semalam.

Walau sudah dibantu dengan Jin, namun Bandung Bondowoso gagal karena Roro Jonggrang membuat ayam berkokok lebih awal sebagai tanda hari sudah pagi.

Mitos lain yang berkembang adalah jika ada sepasang kekasih pergi ke Candi Prambanan, maka kelak hubungan mereka akan putus.


Alamat dan rute Candi Prambanan dari Jogja


Alamat Candi Prambanan

Kebanyakan orang tau bahwa Candi Prambanan dan Candi Borobudur berada di wilayah Jogjakarta. Alasanya adalah, pintu masuk wisatawan kebanyakan dari kota Jogja. Karena transportasi masal seperti Bandara dan Stasiun berada di kota Jogja.

Sebagai informasi, bahwa Candi Borobudur berlokasi di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan Candi Prambanan berada pada 2 wilayah daerah (Provinsi), yaitu Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah.

Candi Prambanannya sendiri masuk dalam wilayah desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Sedangkan pintu masuk dan parkiran masuk kedalan desa Tlogo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten.

Jaraknya dari pusat kota Jogja kurang lebih 17 kilometer kearah timur melewati Jalan Jogja - Solo.

Rute menuju Prambanan dari Bandara Jogja

Apabila anda baru saja tiba di Jogja melalui Bandara Adisucipto dan hendak ke Candi Prambanan langsung, ada beberapa cara yang bisa di tempuh untuk menuju Prambanan. Salah satunya dengan naik taxi konvensional, atau ojek online yang ada disekitar Bandara dan juga bisa dengan sewa mobil Jogja dengan cara hubungi kami via whatsapp dibawah. 

Cara lain dan lebih murah untuk menuju Prambanan adalah dengan naik Bus Trans Jogja. Berikut cara dan rute menuju Prambanan dengan moda transportasi Bus Trans Jogja dari Bandara Adisucipto:

Anda cukup keluar dari bandara menuju halte Trans Jogja yang berada di Parkiran Bandara. Dari Halte, anda bisa naik Bus Trans Jogja jalur A1 yang akan menuju halte Pasar Prambanan. Jarak tempuh kurang lebih 9 kilometer, dengan waktu tempuh 10 menit.

Dari Halte pasar Prambanan, anda cukup jalan kaki menyeberang Jalan Jogja - Solo. Lokasi Candi Prambanan berada di seberang Halte Pasar Prambanan.

Rute menuju Prambanan dari Stasiun Tugu dan Pusat Kota Jogja

Apabila anda sampai kota Jogja menggunakan transportasi kereta Api, dan hendak langsung ke Candi Prambanan, ada beberapa transportasi yang bisa kita gunakan.

Salah satunya menggunakan taxi konvensional, ojek online, maupun sewa mobil Jogja dengan menghubungi kami via Whatsapp dibawah.





Jam Operasional buka Candi dan Harga Tiket masuk Prambanan


Jam buka Candi

Apabila anda hendak berkunjung ke Prambanan, sebaiknya mengetahui jam kunjung Candi yaitu pada pukul 08:00 - 17:00.

Waktu yang pas untuk berwisata di Prambanan adalah pagi atau sore hari. Karena matahari tidak begitu terik dan panas.

Harga Tiket masuk Candi


Selain jam buka Candi, anda juga perlu tahu untuk harga tiket masuk ke Candi Prambanan dan beberapa Candi yang dikelola oleh Taman Wisata Candi yang ada disekitarnya. 

Untuk tiket masuknya ada beberapa type paket. Dimana didalam paket terdapat beberapa Candi yang dikunjungi selain Prambanan.


Berikut harga tiket masuk Taman Wisata Candi Prambanan - Borobudur - Ratu Boko:

1. Candi Prambanan, Candi Borobudur dan Candi Ratu Boko saja (1 tempat):
  • Wisatawan dalam negeri: Rp 40.000 / orang untuk dewasa, dan Rp 20.000 / orang untuk anak-anak 3 - 10 tahun.
  • Wisatawan Mancanegara: Rp 350.000 / orang untuk dewasa, an Rp 175.000 / orang untuk anak-anak 3 - 10 tahun
2. Paket Terusan
  1. Candi Prambanan - Candi Ratu Boko
  2. Candi Prambanan - Candi Borobudur
  3. Candi Prambanan - Plaosan - Sojiwan
Harga tiket terusan ke tiga paket diatas adalah Rp 75.000 per orang untuk dewasa, dan Rp 35.000 per orang untuk anak 3 - 10 tahun.
Harga tiket diatas sudah termasuk premi asuransi Rp 5.00

3. Harga tiket rombongan sekolah/Mahasiswa

Harga tiket masuk wisata Candi Prambanan untuk rombongan minimal 20 orang pelajar dan mahasiswa dengan surat pengantar dari sekolah/Kampus adalah Rp 20.000 per orang.
Sedangkan untuk tiket terusan ke Prambanan - Plaosan - Sojiwan adalah Rp 30.000


Selain harga tiket masuk, Harga Parkir di dalam Candi Prambanan adalah Rp 3.000 per motor, Rp 10.000 / mobil (weekday), Rp 15.000 / mobil (weekend).

Panorama keindahan Candi Prambanan


Keunikan candi prambanan

Candi Prambanan merupakan wisata Jogja yang tak boleh anda tinggalkan saat berlibur di kota Jogja. Kenapa? Karena berwisata dan mengunjungi Candi Prambanan, kita akan mendapatkan beberapa manfaat yang didapat. Berikut mamfaat berwisata ke Candi Prambanan:
  1. Mengenal budaya nenek moyang kita
  2. Mengagumi betapa hebatnya nenek moyang kita dahulu
  3. Mempelajari sejarah berdirinya Candi Prambanan
  4. Mendapatkan kenangan-kenangan foto yang kece dan keren
  5. Selain ke Candi utama, kita juga bisa ke beberapa Candi lain tak kalah bagus
Salah satu daya tarik dan keindahan Candi Prambanan adalah mengenai arsitektur Candi dan ukiran yang ada dibatu pembentuk Candi.
Perlu diketahui dan diperhatikan saat anda berwisata di Candi Prambanan, didalam wilayah pelataran dalam terdapat 8 Candi:
  • 3 Candi utama disebelah barat menghadap ke timur membujur dari utara ke selatan yang diperuntukan untuk 3 dewa (Wisnu, Syiwa, dan Brahma). Candi Wisnu disebelah utara, Candi Siwa di tengah, dan Brahma di selatan.
  • 3 Candi Wahana (kendaraan) yang merupakan candi penanda kendaraan sang para Dewa. Candi Wahana ini saling berhadapan dengan Candi utama. didepan Candi Wisnu ada Candi Garuda. Didepan Candi Siwa ada Candi Lembu, dan di depan Candi Brahma ada Candi angsa.
  • 2 Candi kecil berada di ujung sebelah utara dan selatan diantara Candi utama 3 dewa dan Candi kendaraanya. Nama Candi ini adalah Candi Apit.

Candi Prambanan malam hari

Seperti yang sudah di infokan diatas, bawah jam tutup Prambanan adalah pada pukul 17:00. Sehingga kita akan kesulitan untuk bisa menikmati indah dan gagahnya Candi Prambanan pada saat malam hari.

Ada 2 Cara jika anda seorang photographer untuk bisa menikmati Candi Prambanan pada malam hari. Yaitu:
  • Dengan menyasikan atraksi Sendratari Ramayana
  • Dari atas bukit Spot riyadi. Dimana lokasinya berada di sebelah selatan Candi Prambanan

Tempat Spot Foto hits dan kece di dalam Candi

Seperti sudah di infokan diatas, salah satu manfaat saat kita berkunjung ke Candi Prambanan adalah bakalan memiliki foto yang kece dan indah dengan latar belakang Candi.


Berikut kami infokan beberapa tempat spot foto menarik di kawasan Candi Prambanan:

1. Foto bersama maskot

Spot foto Prambanan
Berfoto dengan maskot monyet anak buah Hanoman

2. Tulisan PRAMBANAN

SPot tulisan PRAMBANAN
Spot tulisan PRAMBANAN

3. Jalan masuk ke Pelataran Candi

Candi Prambanan
Jalan masuk ke Pelataran Candi utama

4. Di tangga pintu masuk Candi

Prambanan Jogja
Candi Apit di Prambanan

5. Pintu keluar Candi

Candi Prambanan
Pintu keluar komplek Pelataran Candi

6. Spot Reruntuhan Candi Prambanan

Spot foto Prambanan
Spot foto di reruntuhan Candi PRambanan

7. Taman Candi

Taman Candi Prambanan
Berfoto berdua dengan kekasih hati di taman Candi

8. Candi Sewu

Sunset Candi Sewu Prambanan
Sunset di Candi Sewu Prambanan

Itulah beberapa contoh foto yang diambil didalam komplek Candi Prambanan. Semoga bisa dijadikan refrensi saat anda berlibur di Prambanan.

Video Harga Tiket masuk Candi Prambanan




Video diatas memperlihatkan betapa ramai Candi Prambanan oleh pengunjung. Video ini diambil pada saat liburan Lebaran tahun 2018 yang lalu.

Tips liburan di Candi Prambanan

Sebelum anda mengurungkan niat buat berlibur dan berwisata ke Candi Prambanan, sebaiknya anda perlu mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan sebelum dan pada saat liburan di Candi.

Berikut Tips yang harus dipersiapkan sebelum liburan di Candi Prambanan:
  1. Siapkan uang untuk membeli tiket masuk, parkir dan bekal
  2. Jika kamu bersama keluarga, sebaiknya tidak usah membawa makanan besar seperti nasi dan sayur lauknya. Karena sekarang, tidak diperbolehkan untuk membawa bekal saat masuk Candi Prambanan.
  3. Bekal dan barang bawaan yang perlu dipersiapkan dan diperbolehkan masuk ke kawasan candi adalah Air mineral. Anda boleh membawa air minum dengan tupper ware, atau membeli air mineral
  4. Siapkan kaca mata. Karena saat siang hari matahari begitu silau
  5. Membawa payung untuk menutupi kepala dan badan dari terik matahari maupun hujan
  6. Bawa kamera terbaikmu untuk mengabadikan saat liburan di candi

Berikut Tips saat didalam Candi Prambanan:
  1. Cukup bawa bekal air mineral saja
  2. Jika tidak membawa payung, bisa sewa payung di pedagang sebelum pintu masuk dengan harga sewa payung Rp 5.000-10.000 per payung. Harga menyesuaikan waktu liburan.
  3. Buang air kecil atau besar dahulu sebelum menuju Candi, karena di dekat candi tidak ada toilet. Lokasi toilet berada setelah pintu masuk pengecheckan tiket dan di Pintu keluar Candi
  4. Buanglah sampah botol air mineral pada tempatnya
  5. Patuhi peraturan didalam Candi.
  6. Jangan berdiri, duduk, diatas arca.


Wisata Lain terdekat dari Candi Prambanan

Setelah berwisata di Candi Prambanan, jangan terlewatkan untuk juga mengunjungi beberapa objek wisata lain terdekat lainnya. Berikut beberapa destinasi wisata didekat Prambanan:
  1. Candi Plaosan
  2. Candi Sojiwan
  3. Candi Ratu Boko
  4. Candi Kalasan
  5. Candi Sambisari
  6. Candi Ijo
  7. Tebing Breksi
  8. Candi Banyunibo

Kuliner enak terdekat dari Candi Prambanan

Tak lupa, selain banyak objek wisata lain didekat Candi Prambanan. Ternyata juga banyak kuliner enak disekitaran Candi Prambanan.

Kuliner di sekitaran Candi Prambanan beraneka ragam. Mulai masakan jawa, Makan pedas, Soto, dan beberapa warung makan dan resto yang juga menyajikan menu makanan yang unik dan dengan view pemandangan yang indah.

Berikut beberapa warung makan, resto, dan kuliner enak disekitaran Candi Prambanan:
  1. Kopi Prambanan
  2. Abya Giri Restoran
  3. Soato Batok Mbah Katro
  4. Jogja Airport Resto
  5. Spesial Sambal
  6. Sego Kembul wedangan dan daharan
  7. Grafika Restoran
  8. Warung makan sabar menanti 2
  9. Es Dawet hitam Kalasan
  10. Spot Riyadi
  11. Rumah makan sendang ayu
  12. Angkringan Sendang ayu
  13. Ayam Goreng Mbok Berek
  14. Ayam Goreng Candisari Kalasan


Paket Wisata Jogja ke Candi Prambanan

Bagi anda yang hendak liburan di kota Jogja dan salah satu destinasi wisatanya ke Candi Prambanan, anda bisa menghubungi kami dengan klik tombol dibawah.

Kami menyediakan Paket wisata Jogja dengan harga murah dan sewa mobil Jogja dengan armada terbaru, terawat, wangi dan murah.

Anda akan ditemani crew kami yang ramah dan sopan, serta mengerti rute akses jalanan di kota Jogja. Kebanyakan Crew kami adalah anak muda yang enerjik dan berwawasan luas dalam dunia pariwisata Jogja.

Berikut beberapa Paket wisata Jogja dengan objek wisata Candi Prambanan sebagai tujuannya:
  1. Paket wisata Candi Prambanan dan Umbul Ponggok
  2. Paket wisata Prambanan dan Lava Tour Jeep Merapi
  3. Paket wisata Jogja ke Candi Prambanan dan Cave Tubing Goa Pindul
  4. Serta masih banyak paket tour di Jogja

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Candi Prambanan, sejarah singkat, harga tiket masuk wisata dan mitos yang beredar. Semoga bisa menjadi refrensi buat anda sebelum berwisata di kota Jogja

Jangan lupa Klik share dengan keluarga dan teman-temanmu ke sosial media Facebook maupun group Whatsapp!

Judul: Candi Prambanan; Sejarah singkat, Harga tiket masuk, Jam buka, dan mitosnya; Ditulis oleh ; Rating Blog: 5 dari 5

Posting Komentar

0 Komentar