Review Kalibiru Jogja: Harga Tiket masuk, Fasilitas, Rute terdekat

Kalibiru
Kalibiru Jogja

Kalibiru Jogja merupakan sebuah tempat wisata alam yang mengandalkan spot foto berupa rumah pohon berlatar belakang Waduk Sermo dengan retribusi harga tiket masuk yang murah. Berjarak kurang lebih 40 kilometer kearah barat kota Yogyakarta, dapat ditempuh dalam waktu 1 jam perjalanan.

Kita akan disajikan sebuah pemandangan yang indah dan memanjakan mata. Namun, untuk menjangkau objek wisata Jogja yang satu ini kita harus hati-hati dan membutuhkan kendaraan yang kuat dalam tanjakan. Karena kondisi akses jalan untuk menuju wisata Kalibiru Jogja menanjak naik, dan banyak tikungan.

Sejarah singkat Objek wisata alam Kalibiru Jogja

Sejarah singkat kenapa bisa ada objek wisata Kalibiru di Kulon porogo Jogja adalah karena sebuah perjuangan besar masyarakat dan pemerintah terhadap ekosistem lingkungan dan sosial ekonomi disekitarnya. 

Dilangsir dari wikipedia.org, pada tahun 1930, kawasan yang sekarang menjadi Waduk sermo dan disekitar perbukitan Menoreh merupakan tempat pemukiman kampung penduduk yang sudah turun temurun dan sudah lama. Mereka mayoritas bekerja sebagai petani dan bercocok tanam.

Hingga pada masa pemerintahan Belanda 1930 - 1945, sebagian pemukiman penduduk yang berada di kawasan ini disuruh pindah secara paksa dan dengan kompensasi yang sangat kecil. Dikarena didaeran ini akan dibuat sebuah Hutan Negara sebagai penghasil kayu.

Setelah kemerdakaan, kawasan hutan negara diambil alih oleh pemerintah Indonesia. Sampai pada tahun 1964, pemerintah berhasil mereboisasi hutan negara sehingga menjadi hutan yang rindang dan dipenuhi pohon-pohon besar.

Mata air disekitar kawasan hutan rutin mengeluarkan air. Jarang terjadi kekeringan dan tanah longsor. Bahkan masyarakat sekitar merasa aman dan nyaman dengan kondisi alam pada waktu itu.

Mulai tahun 1964 sampai sekitar tahun 2000, Hutan Negara yang awalnya tumbuh subur dan dipenuhi pohon besar mulai ditebang dan terjadi pembalakan besar-besaran.

Puncaknya pada tahun 1997 - 2000 pada saat reformasi. Terjadi penebangan hutan besar-besaran. Karena kontrol pemerintah pada waktu itu sangat lemah.


Sehingga mengakibatkan sering terjadinya kekeringan dan tanah longsor. Perekonomian warga mulai turun akibat hasil pertanian sering gagal.

Dan pada akhirnya, ada beberapa masyarakat dan LSM yang merasa prihatin dengan kondisi lingkungan diperbukitan Menoreh. Mereka akhirnya merakukan sosialisasi dan pendampingan dengan tujuan agar menyadarkan masyarakat akan pentingnya adanya hutan negara.

Pada tahun 2000, dibentuklah 7 kelompok tani yang terdiri dari 3 desa kelurahan dan 2 kecamatan. Dan pada tanggal 15 Februari 2003, ke - 7 kelompok tani ini mendapatkan Surat Keputusan Pemberian Izin Sementara Pengelolaan Hutan Kemasyarakatan untuk jangka waktu 5 tahun.

Namun, pada perjalanannya, terdapat beberapa kelompok tani dari beberapa desa yang tidak diberikan izin karena kawasan hutan yang mereka kelola termasuk dalam Hutan lindung.

Dari permasalahan tersebut, LSM dan masyarakat berunding dan bermusyawarah dengan pemerintah untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Dan pada tahun 2008, untuk desa yang terdapat hutan lindung dan bukan hutan produksi mengusulkan untuk bisa dijadikan sebuah tempat wisata. 

Dan akhirnya dengan ciri khas desa sekitar seperti budaya, adat isitadat, dan gotong royongnya, maka tempat wisata tersebut diberi nama KALIBIRU.

Pengelola wisata Kalibiru, Sudadi kepada Kompas.Travel mengatakan para pekerja yang ada di sini adalah warga asli sekitar Kalibiru. “Ada 250 personel yang terlibat. Hampir 75 persen warga terserap tenaganya di sektor wisata ini,”


Alamat, rute akses lokasi dan Transportasi ke Wisata Kalibiru


wisata Kalibiru
Pemandangan alam waduk sermo dari atas spot Kalibiru Jogja

 

Alamat wisata alam Kalibiru Jogja ada di dusun Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo. Berjarak kurang lebih 40 kilometer dari pusat kota Jogja, Malioboro. Atau kurang lebih bisa ditempuh 1 jam perjalanan dengan menggunakan mobil.

Transportasi umum untuk menuju objek wisata kalibiru tidak ada kendaraan umum yang langsung sampai menuju lokasi. Saran terbaik jika kamu dari luar kota Jogja untuk menuju Kalibiru adalah dengan sewa mobil jogja ataupun ambil paket wisata Jogja dengan cara klik tombol " ORDER VIA WHATSAPP" warna hijau dibawah.

Kendaraan yang diperbolehkan naik ke perbukitan Kalibiru adalah sepeda motor dan mobil kecil keluaran terbaru. Seperti yang sudah dijelaskan didepan bahwa akses menuju Kalibiru kondisi jalannya menanjak dan banyak tikungan.

Baca juga: Candi Prambanan; Sejarah singkat, Harga tiket masuk, Jam buka, dan mitosnya

Rute terdekat menuju wisata alam Kalibiru dari pusat kota Jogja adalah melewati jalan Nasional, atau biasa disebut Jalan Wates. Berikut rute dari Malioboro Jogja ke Kalibiru:

Arahkan kendaraan dari Malioboro ke perempatan besar 0 kilometer (Bank BNI & Kantor POS besar). Dari perempatan belok kanan ke Jalan Kyai Ahmad Dahlan. Lurus hingga sampai di perempatan parkir Ngabean. Masih lurus hingg sampai diperempatan patangpuluhan. Dari perempatan ini masih lurus di Jalan Wates hingga melewati pertigaan Gamping.

Dari pertigaan Gamping, ikuti jalan wates sejauh 25 kilometer hingga sampai di patung tugu Nyi Ageng Serang. Dari perempatan Tugu Nyi Ageng Serang belok kanan ke Jalan brigjen Katamso. lurus hingga sampai disebuah pertigaan sebelum Stasiun Wates. dari pertigaan tersebut belok kiri hingga melewati Rel. Masih lurus terus hingga melewati RSUD Wates dan melalui jalan Kokap - Sermo. Ikuti jalan tersebut sejauh kurang lebih 8 kilometer.

Patokannya sebelum sampai di Kalibiru adalah kamu akan melihat sebuah danau atau waduk. Ikuti petunjuk jalan yang ada disekitar Waduk Sermo. Kamu akan mulai naik melewati jalan yang menanjak. Selalu gunakan gigi rendah untuk menuju wisata alam Kalibiru ini.

Kamu bisa langsung Klik Goole Maps dibawah untuk bisa langsung menuju wisata Kalibiru Jogja.



Jam buka operasional Kalibiru Yogyakarta

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke kawasan wisata alam Kalibiru Jogja adalah dipagi hari atau sore hari. Karena pada waktu tersebut, matahari tidak begitu terik dan panas. Suasana masih terasa sejuk oleh pepohonan hutan disekitarnya.

Jam buka Kalibiru Jogja adalah pada jam 08:00 dan tutup jam 17:00. Biasanya objek wisata ini menjadi tujuan terakhir setelah objek wisata lain seperti Candi Borobudur ataupun wisata-wisata lain disekitarnya.

Baca juga: 10 foto Wisata Jogja terhits, Terkece dan instagramable selama tahun 2019

Harga Tiket masuk Retribusi Spot foto di Kalibiru

Harga tiket masuk Kalibiru Jogja adalah Rp 10.000 per orang. Harga tersebut belum tersebut belum termasuk biaya spot tempat untuk foto.

Sedangkan harga spot tempat untuk foto mulai harga 10.000 sampai 30.000 per orang sesuai jenis dan bentuk spotnya. Harga tersebut belum termasuk jasa foto.

Harga jasa foto di kalibiru mulai diharga Rp 5.000 per file foto yang diambil tamu. Untuk borongan harga akan lebih murah. File foto dalam bentuk mentah (digital). Akan ditransfer ke HP kamu oleh petugas yang ada disekitar spot.

Total Spot foto yang ada disini kurang lebih berjumlah 10 spot tempat rumah kayu untuk foto. Belum termasuk flying fox dan wahana lainnya

Fasilitas tersedia

Kalibiru terhitung objek wisata Jogja yang sudah lama. Mulai dirintis warga sekitar tahun 2008 - 2009. Sampai sekarang terus berkembang dan selalu memperbaiki dan menambah penjang wisatawan yang berkunjung.

Berikut beberapa fasilitas yang ada di wisata alam Kalibiru Jogja:

  1. Mobil / Jeep Menoreh pengangkut kendaraan besar seperti bus (disediakan warga dan tidak termasuk tiket masuk)
  2. Area Parkir luas
  3. Dekat dengan Masjid dusun
  4. Mushala
  5. Aula pertemuan
  6. Penginapan / Guest House
  7. Spot foto
  8. Toilet / Kamar mandi
  9. Warung warga

Panorama pemandangan dan 5 Spot foto 

Seperti yang sudah di bahas diatas, bawah pemandangan di Kalibiru itu sangat indah dan memanjakan mata. Kita bisa melihat Danau buatan Waduk Semo dan perbukitan - perbukitan yang menjulang berwarna hijau dipenuhi pohon.

Baca juga: Harga retribusi tiket masuk dan Camping di Ekowisata Jatisari

Berikut kita berikan beberapa contoh Spot foto yang ada di wisata Kalibiru Jogja:

1. Spot rumah pohon

Spot foto
Rumah pohon di Kalibiru Jogja

2. Spot foto Oval

Spot foto Kalibiru Jogja
Spot Oval untuk kapasitas maximal 8 orang

3. Spot bunga

Kalibiru wates
Spot Bunga di Kalibiru cocok untuk pasangan kekasih


4. Spot Panggung


Kalibiru Kulon Progo
Spot panggung cukup untuk 8 orang

5. Spot Love

Kalibiru Yogyakarta
Spot Love cocok untuk sepasang kekasih



Tips Liburan ke Kalibiru

Sebelum berwisata ke Kalibiru Jogja, perlu kamu ketahui beberapa tips dari kami sebagai pertimbangan dan persiapan:

  1. Pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima dan kuat dalam tanjakan jalan yang naik. Saran terbaik menggunakan mobil 1300 CC, Motor Matic 125 - 250 CC, motor Manual 2 tak.
  2. Bawa uang untuk beli tiket masuk dan spot foto serta jasa foto
  3. Siapkan kamera DSLR / Mirrorles terbaikmu
  4. Gunakan pakaian terbaik dan bersepatu
  5. Siapkan bekal, minimal air mineral untuk perjalanan menuju lokasi dan selama di lokasi


Tempat wisata terdekat dari Kalibiru

Jika kamu menjadikan Kalibiru sebagai rute pertamamu, kamu bisa mengunjungi objek wisata lain disekitarnya seharian full. Jadi tidak menghabiskan waktu di jalan, menghemat waktu dan bensin. Seharian mendapatkan objek wisata banyak.

Berikut tempat wisata lain terdekat dari Kalibiru:
  1. Pule payung
  2. Canting mas Puncak Dipowono
  3. Pesona Bukit Pethu
  4. Puncak Sewunut
  5. Puncak Bukit Cendana
  6. Akar liar waduk sermo
  7. Jangkang hill
  8. Taman bambu Waduk Sermo
  9. Air terjun Kedung Pedut
  10. Taman Sungai Mudal
  11. Air terjun Kembang Soka

Warung makan Kuliner Enak di sekitar Kalibiru


Sebenarnya di objek wisata Kalibiru banyak warung-warung makan yang menjual berbagai jenis menu makanan yang enak-enak dan khas Kulon Progo. Seperti mie instan, mie ayam, bakso, soto, nasi goreng, pecel lele, penyetan ayam goreng, Ayam geprek, dan berbagai macam jenis minuman.

Namun, jika anda pengen mencoba ke menu makan lain, anda bisa mencoba beberpa warung makan kuliner enak dekat dengan waduk sermo dan Kalibiru berikut:

  1. Warung makan Pawon Ndeso Kalibiru
  2. Warung Waton wareg mesti Klakon
  3. Warung makan Gunung rebab Pulepayung
  4. Mie Ayam ceker mas Kiting
  5. Warung lesehan sido mampir
  6. Warung Semboja
  7. Warung makan Mbak Kar
  8. Mie ayam dan Bakso Pak Giyanto
  9. Warung hasil kebun


Paket Wisata ke Kalibiru Jogja

Bagi kamu yang hendak berwisata ke Jogja, dan wisata Kalibiru pada khususnya. Kamu bisa menghubungi kami dengan cara chat via Whatsapp dengan Klik Tombol dibawah. Kami siap mengantarkan anda ketempat indah di Jogja, termsuk ke wisaata Kalibiru.

Kami menyediakan Paket wisata Jogja dengan harga yang murah dan terjangkau segala kalangan. Dan kami juga ada jasa Sewa Rental mobil Jogja dengan harga murah disertai armada mobil baru, bersih dan wangi.

Jangan sungkan untuk menghubungi kami. Silahkan tanya-tanya untuk request destinasi sesuai keinginan.

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Review Kalibiru Jogja: Harga Tiket masuk, Fasilitas, Rute terdekat ini. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat sebelum anda berkunjung ke Kalibiru. Silahkan share ke sosial media kamu dan bagikan dengan kawan-kawanmu.

Judul: Review Kalibiru Jogja: Harga Tiket masuk, Fasilitas, Rute terdekat; Ditulis oleh ; Rating Blog: 5 dari 5

Posting Komentar

0 Komentar