Bunker Kaliadem Jogja: Tiket masuk menikmati Lava Tour Jeep Merapi

Bunker Kaliadem
Bunker Kaliadem dengan latar belakang Gunung Merapi

Bunker Kaliadem sejarahnya dulu menjadi tempat berlindung dari erupsi Gunung Merapi. Sekarang dijadikan salah satu rute tujuan lava tour Jeep Merapi. Untuk menuju rute ke lokasi kaliadem, kita bisa naik motor maupun sewa Jeep dengan harga tiket masuk murah. Namun, tidak untuk kendaraan roda empat mobil dan bus.

Selain sejarah dan mitos yang berkembang. Alasan kenapa Kaliadem menjadi salah satu tujuan dari paket Lava Tour Merapi adalah pemandangan disini sangat indah. Kalau beruntung, kita bisa menyaksikan keindahan dan kegagahan Gunung Merapi. Perbukitan hijau dan hutan pinus menambah nuansa sejuk disekitaran lereng.


Alamat dan Rute menuju Bunker Kaliadem dari kota Jogja


Alamat lengkap Wisata bunker Kaliadem


Alamat Bunker Kaliadem di dusun Kinahrejo, Kelurahan Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bisa ditempuh dari kota Jogja dengan jarak kurang lebih 30 kilometer. Atau 1 jam perjalanan menggunakan mobil.
Lokasinya dekat dengan petilasan Rumah Mbah maridjan, dan The Lost World Castle. Jadi jika kita ikut Jeep merapi, kita akan melewati rute ke tiga tempat tersebut.

Baca juga: Candi Prambanan; Sejarah singkat, Harga tiket masuk, Jam buka, dan mitosnya


Transportasi Kendaraan dan Rute menuju Bunker Kaliadem


Transportasi menuju Bunker Kaliadem Merapi

Kendaraan umum untuk menuju Kaliadem bisa dengan kendaraan pribadi, seperti mobil dan sepeda motor. Bagi anda yang dari luar kota, bisa sewa mobil Jogja dengan cara chat admin di tombol hijau dibawah.
Tidak ada kendaraan transportasi umum seperti angkot, ataupun bus yang menuju Bunker Kaliadem dari pusat kota Jogja, Malioboro ataupun stasiun Tugu Yogyakatta.

Rute menuju Kaliadem dari Malioboro Jogja

Akses jalan menuju Bunker kaliadem memang sudah beraspal halus. Dari kota hingga sampai TPR Kaliadem masih bisa diakses menggunakan sepeda motor, mobil, bahkan Bus pariwisata. Namun, mulai dari operator Jeep terakhir cuma bisa diakses menggunakan sepeda motor.

Mobil, dan bus tidak diperbolehkan menuju Bunker Kaliadem. Kita harus sewa Jeep Merapi atau sewa Motor Trail.

Kamu dari Stasiun Tugu Yogyakarta? Bingung mau ke Kaliadem dari Malioboro? Berikut rute menuju Kawasan Lava Tour Jeep Merapi dari pusat kota Jogja:

Arahkan kendaraan menuju jalan Abu Bakar Ali kearah Stadion Kridosono. belok kiri ke Jalan Suroto lurus terus sampai di Bundaran Kampus UGM. Dari bundaran belok kiri ke Jalan Terban hingga sampai di perempatan Mirota Kampus UGM dan KFC UGM. Belok kanan ke Jalan Persatuan hingga sampai di perempatan Jalan Kaliurang MM UGM.

Mulai dari Jalan Kaliurang, laju kendaraanmu lurus tanpa belok, ikuti jalan sejauh 17,5 kilometer hingga sampai pada sebuah petunjuk arah yang menunjukan ke Kaliadem. Belok kanan menuju jalan kalikuning lurus terus ikuti jalan sampai di perempatan Kelurahan Umbularjo. Belok kiri lurus ikuti jalan menanjak ke Jalan Raya Merapi Golf. Nanti akan sampai di TPR Kaliadem.

Peta Google Map Bunker Kaliadem Merapi Jogja 




Backpacker ke Bunker Kaliadem


Pengen nyobain liburan murah ala Backpacker? Atau sendirian liburan ke Jogja dan salah satu destinasi yang pengen kamu datangi adalah ke Kaliadem Merapi?

Ada beberapa cara dan tips untuk liburan ala Backpacker ke Bunker Kaliadem Merapi Cangkringan Sleman. Salah satunya bisa dengan sewa motor di Jogja. Tentu saja kamu bisa menginap di sekitar Pasar kembang, Jalan Dagen, atau Jalan disekitar Malioboro. Disana banyak tempat penginapan murah dan menyediakan jasa penyewaan motor juga.

Resikonya, jika kamu belum pernah ke Jogja, kamu bisa saja kesasar walau sudah menggunakan applikasi Google Map atau Applikasi sejenis. Sehingga waktumu akan habis untuk bertanya dan mencari jalan.

Cara lain jika pengen liburan sendirian murah ke Jogja ala Bacpacker namun nyaman dan murah meriah, adalah dengan ikut Open Trip Jogja. Dengan ikut paket open trip, kamu akan tetep bisa liburan di kota Jogja dengan harga murah namun nyaman karena menggunakan mobil AC.

Kekurangan liburan backpacker dengan open trip Jogja adalah kita harus mengikuti peraturan jadwal hari dari agen tour, dan destinasinya sudah ditentukan oleh mereka.

Baca juga: Harga Tiket masuk ke Blue Lagoon Ngemplak Wisata Air Alami di Jogja

Sejarah Bunker Kaliadem


Seperti yang sudah di jelaskan diatas, bahwa Bunker Kaliadem berfungsi sebagai tempat berlindung dari panasnya lahar Gunung Merapi. Namun kenyataanya, 2 orang terpanggang hidup-hidup saat mengandalkan tempat ini untuk berlindung.

2 orang tersebut merupakan korban kegaganasan erupsi Merapi tahun 2010 lalu. Dan saat ini, lokasi banker Kaliadem digunakan sebagai Museum saksi bisu keganasa erupsi Gunung Merapi.

Bunker Kaliadem
Sabana pasir di lereng Merapi


Jam Operasional Wisata Kaliadem Merapi


Waktu yang pas untuk berkunjung, berwisata ke Bunker Kaliadem adalah pagi hari. Kenapa harus pagi hari ke Kaliadem? Biasanya saat pagi, Gunung Merapi menampakan keindahan dan kegagahanya, jika waktu sudah agak siang, Merapi sudah tertutup awan.

Jam Operasional TPR Kaliadem sekitar Jam 08:00 sampai jam 16:00. Namun jika kamu pengen menikmati sunrise kesini, diperbolekan.

Baca juga: Harga Tiket masuk dan Rute menuju Tebing Breksi Jogja

Harga Tiket masuk Bunker Kaliadem


Harga tiket masuk Retribusi TPR Kaliadem adalah Rp 6.000. per orang. Harga karcis tersebut belum termasuk sewa Jeep Merapi dan sewa motor Trail Kaliadem.

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan bus pariwisata, sebaiknya sewa Jeep Lava Tour Merapi dengan kapasitas 4-5 orang per Jeep

Lava Tour Jeep Merapi


Lava Tour Jeep Merapi adalah paket wisata berpetualang di Lereng Gunung Merapi yang mengunjungi beberapa tempat yang menjadi saksi bisu keganasa erupsi Gunung Merapi tahun 2010 lalu.

Beberapa rute tempat yang didatangi atau di lewati oleh Lava Tour adalah:

  1. Rumah mbah maridjan
  2. Bunker Kaliadem
  3. Kopi Merapi
  4. Stone Hange
  5. The Lost World Castle
  6. Bukit Klangon
  7. Batu Alien
  8. Kali Kuning
Namun, tidak semua tempat diatas dilewati. Banyaknya jumlah tempat yang di lewati sesuai paket Lava Tour Jeep merapi yang kita ambil. Ada beberapa paket yang bisa kita pilih.

Paket wisata Lava Tour Jeep Merapi


Berikut Paket Jeep Merapi Lava Tour Kaliadem beserta harganya:

  1. Paket Short: Rp 350.000
  2. Paket Medium: Rp 450.000
  3. Paket Long: 550.000
  4. Paket Sunrise: Rp 700.000
Harga tersebut untuk semua jenis Jeep dengan kapasitas 4-5 orang.

Fasilitas wisata Kaliadem


Walaupun lokasi Objek wisata Kaliadem berada di lereng Gunung Merapi, namun secara fasilitas yang ada sudah memenuhi kebutuhan wisatawan. Berikut beberapa fasilitas umum yang tersedia di Bunker Kaliadem Jogja:

  1. Area Parkir khusus sepeda motor. Area parkir dikhususkan untuk sepeda motor karena kendaraan roda empat dilarang naik sampai atas.
  2. Warung makan dan oleh-oleh khas Kaliadem. Banyak berderet warung-warung makan warga yang menjajakan menu kuliner sederhana seperti mie instan, bakso, soto, nasi goreng.
  3. Toilet. Walaupun lokasinya jauh dari sumber air, namun keberadaan WC umum sudah ada di tempat ini.
  4. Jeep Merapi Lava Tour. Bagi yang naik mobil atau bus besar, bisa sewa Jeep lava Tour dengan harga sesuai paket.
  5. Motor Trail. Bagi yang pengen nyobain berpetualang menggunakan motor, ada persewaan motor Trail di kawasan Bunker Kaliadem.


Paket Wisata Jogja ke Bunker Kaliadem dan Jeep Merapi

Pengen liburan ke Lava Tour Merapi? Atau pengen foto dengan background latar belakang Gunung Merapi? Kami siap mengantar anda untuk mengunjungi petilasan korban erupsi Merapi 2010 yang lalu.

Bisa ambil Paket Wisata Jogja dengan tujuan 2 sampai 3 tempat selain ke Lava Tour Jeep Merapi Bunker Kaliadem. Selain Paket Tour, kami juga menyediakan Sewa mobil Jogja dengan harga murah dan armada lengkap, baru dan terawat.

Itulah informasi mengenai Bunker Kaliadem Gunung Merapi. Semoga bisa menjadi refrensi saat anda akan berwisata di kota Jogja. Jangan lupa Share dan komen di bawa jika kamu pernah kesini. Terimakasih


Jeep Merapi Lava Tour
Suasana ramai di Bunker Kaliadem saat weekend tiba



Judul: Bunker Kaliadem Jogja: Tiket masuk menikmati Lava Tour Jeep Merapi; Ditulis oleh ; Rating Blog: 5 dari 5

Post a Comment

0 Comments