Gamplong Studio Alam ala Hollywood Jogja: Tiket masuk, Jam buka dan Rute ke lokasi - Paket Wisata Jogja
News Update
Loading...

Friday, June 21, 2019

Gamplong Studio Alam ala Hollywood Jogja: Tiket masuk, Jam buka dan Rute ke lokasi

Gamplong Studio alam
Gamplong Studio Alam


Gamplong Studio merupakan mini Hollywood untuk shooting film karya Hanung bramantyo dan bisa diakses umum dengan tiket masuk murah. Sampai artikel ini dibuat, cukup membayar sukarela dan cukup membayar parkir.

Letaknya berada di daerah Sleman paling barat, berdekatan dengan Sungai Progo dan Kabupaten Kulon Progo.

Berlokasi disebuah perkampungan yang memproduksi kerajinan tenun dengan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin).

Sejarah awal mula berdirinya Gamplong Studio Alam


Gamplong Studio alam berdiri diatas tanah khas desa Sumber Rahayu seluas 2,5 hektar. Dan mulai dibangun pada bulan Oktober 2017.

Studio Gamplong awalnya digunakan untuk shooting film "Sultan Agung: The Untold Love Story". Film tersebut di Sutradarai oleh Hanung Bramantyo dan oleh inisiasi Pendiri Puteri Indonesia, Mustika Ratu Group yaitu Mooryati Soedibyo.

Dilangsir dari Brilio.net, Selesai proyek film Sultan Agung, Mooryati Soedibyo akan menghibahkan Studio Gamplong kepada pemerintah Kabupaten Sleman untuk dijadikan destinasi wisata.

Di desa Gamplong terdapat 20 an lebih pengrajin Tenun yang sudah lama sejak tahun 1950 melakukan aktivitas bertenun kain.

Produk hasil tenun di Dusun Gamplong berupa tenun kain (lurik), serat agel, mendong, eceng gondok, akar wangi dan juga lidi kelapa.

Harga produk hasil kerajinan tenun bervariatif, sesuai jenis kerajinan yang dijual. Kamu bisa mampir dirumah-rumah pengrajin langsung sehabis berwisata melihat Studio Gamplong Moyudan.

Jadi selain pengunjung bisa berwisata melihat bangunan-bangunan yang di seting pada abad ke-16, kita bisa juga membeli langsung oleh-oleh kerajinan khas desa Gamplong berupa kain tenun hasil karya penduduk.

Baca juga: Candi Ratu Boko Jogja: Harga tiket masuk, dan Fasiltas umumnya


Lokasi, Rute akses menuju desa Gamplong Studio Alam

Alamat Dusun Gamplong berada di Desa Sumber Rahayu, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman. Berjarak kurang lebih 16 kilometer dari pusat kota Jogja.

Lokasinya berada jauh dari pusat kota Jogja. Jika anda dari Ibu kota Jakarta dan hendak masuk ke kota Jogja dari Jalur selatan jalan Wates, setelah sungai Progo anda akan melewatinya.

Belum ada Transportasi umum yang bisa diakses masuk melewati Studio Gamplong ini. Cara terbaik untuk menujunya adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Atau bagi anda yang ke Jogja naik kendaraan umum seperti pesawat, kereta api, bisa dengan sewa mobil Jogja di tempat kami dengan harga murah dan unit armada mobil keluaran terbaru.

Studio Alam Gamplong
Cocok untuk berfoto dengan latar belakang bangunan Tua di Studio Gambplong


Rute akses tercepat untuk menuju Gamplong Studio alam bisa melewati Jalan Nasional atau Jalan Wates. Jika kamu dari arah utara, Turi, Tempel, Magelang, bisa melalui Jalan Godean.

Berikut rute menuju Studio Gamplong dari Jogja kota Malioboro:

Arahkan kendaraan melewati Jalan Malioboro lurus hingga sampai di perempatan kawasan 0 kilometer Bank BNI / Kantor POS besar. Belok kanan ke arah Jalan Kyai Ahmad Dahlan lurus hingga sampai perempatan Parkir Bus Ngabean.

Dari perempatan Ngabean, masih lurus ke Jalan Wates -Yogyakarta sampai di perempatan Ring road. Belok kiri ke Jalan Ring-Road barat hingga sampai di pertigaan Gamping.

Dari pertigaan Gamping Jalan Wates - Yogyakarta(Jl Nasional) lurus terus sejauh 10 Kilometer di Pertigaan Jalan Wates dan Jalan Gedongan. Sejauh 10 kilometer Jalan Wates ini, kamu akan melewati 3 Lampu merah. Lampu merah pertama adalah perempatan Pool Bus Effisiensi, dan lampu merah kedua yaitu Lampu merah perempatan Kampus Mercubuana Jalan Wates. Lampu merah ke-3 adalah lampu merah perematan Kecamatan Sedayu.

Dari pertigaan Jalan Wates (Jl Nasional) dan Jalan Gedongan belok kanan ke Jalan Gedongan sejauh 1.5 kilometer sampai ketemu jembatan rel kereta Api.

Baca juga: Bunker Kaliadem Jogja: Tiket masuk menikmati Lava Tour Jeep Merapi


Pas setelah jembatan ada petunjuk arah belok ke kiri ke arah desa Gamplong. Ikuti jalan tersebut sejauh kurang lebih 1 kilometer.





Jam Operasional Buka dan Tutup Studio alam Gamplong


Gamplong studio merupakan  sebuah studio alam. Sehingga lokasinya berada di outdor terbuka dialam. Jadi bisa dibayangkan bahwa tempat-tempatnya di set langusng berada di bawah matahari.

Waktu yang pas untuk berkunjung ke Studio Gamplong bisa pagi hari atau sore hari. Studio ini terbuka untuk umum

Walau terbuka untuk umum, tidak ada patokan Tiket masuk retribusi untuk bisa menikmati Gamplong Studio alam ini.

Jam buka operasional Gamplong Studio Jogja jam 08:00 sampai tutup jam 17:00.

Bagi anda yang dari luar kota, dan penasaran hendak melihat dan mengunjungi Studio Alam Gamplong di Moyudan ini bisa menghubungi Pesona Jogja Tour dengan mengambil Paket Wisata Jogja atau sewa mobil Jogja. Caranya Klik tombol dibawah "ORDER VIA WHATSAPP".


Tiket masuk Gamplong Studio Alam 


Seperti yang sudah dijelaskan diawal, bahwa saat ini, untuk masuk ke studio Gamplong Moyudan, Sleman, Jogja cuma suka rela. Cukup membayar parkir kendaraan.

Harga Tiket masuk Gamplong Studio
Harga Tiket masuk Suka rela
Parkir motor Rp 2.000
Parkir mobil Rp 5.000
Parkir Hiace/Elf Rp 10.000
Parkir Merdium Bus Rp 20.000
Parkir Big Bus Rp 20.000


Peraturan dan DENDA saat berkunjung di Stuido Alam Gamplong


Sebelum kamu hendak berkenjung ke Gamplong Studio, sebaiknya mengetahui beberapa peraturan yang wajib di taati. Perlu diketahui, walaupun dibuka untuk umum dan dijadikan tempat wisata, namun Studio Alam Gamplong masih digunakan untuk shooting film layar lebar Indonesia.

Jadi bagi kamu yang hendak berkunjung, dimohon menjaga baik-baik properti yang ada di studio ini.


Baca juga: Pantai Timang Jogja; Harga tiket masuk, Naik Jeep, Gondola, dan Jembatan

Berikut Peraturan saat berkunjung ke Gamplong Studio Jogja:


  1. Tidak boleh memegang, apalagi menggeser properti benda yang ada di studio. Denda bagi yang melakukannya Rp 100.000
  2. Dilarang membuang sampah sembarang. Sudah disediakan tempat sampah
  3. Bagi yang merokok, jangan buang putung roko sembarangan. Sudah disediakan tempat sampah
  4. Dilarang membawa makanan dan minuman di dalam studio

Bangunan-bangunan Spot di Gamplong Studio Alam


Selain sebagai tempat shooting, Gamplong studio alam juga bisa digunakan untuk berwisata. Mengenal bentuk bangunan pada jaman dahulu. bisa berfoto di spot atau tempat-tempat yang menarik untuk diabadikan.

Berikut beberapa Spot foto bangunan di Gamplong Studio:

1. Bangunan rumah-rumah di pedesaan Kampung Mataram


Gamplong Studio Moyudan
Bangunan rumah jaman dahulu pada abad ke 16


Saat ini, pintu masuk ke Gamplong Studio alam melalui pintu barat. Setelah Pintu masuk, dan memasukan dana perawatan suka rela, anda akan melewati sebuah warung berbentuk joglo atau limasan beserta rumah-rumah disekitarnya yang terbuat dari bahan kayu dan bambu. Rumah-rumah ini dibuat dan diseting agar mirip dengan bangunan rumah-rumah zaman dahulu.

Disetiap rumah dilengkapi juga perabot rumah tangga dan barang-barang khas yang ada di sebuah pedesaan. Seperti hasil pertanian jagung dan padi, alat membajak sawah, dan alat berdagang.


2. Jembatan dan Beteng pertahanan Kerajaan Mataram


Gamplong Studio
Sebuah bangunan berbentuk Benteng Kerajaan dan jembatan pintu masuk

Bangunan ini didirikan untuk keperluan shooting film Sultan Agung pada tahun 2017 lalu. Sengaja tidak dirobohkan karena bisa digunakan untuk set film lain. Kamu bisa menggunakan spot bangunan ini untuk berfoto dengan latar belakang jembatan dan benteng kerajaan.

3. Kampung Pecinan


Gamplong Studio Alam
Bangunan khas pecinan di Gamplong Studio Alam



Set bangunan ini dibuat sebagai pelengkap kampung Mataram pada tahun 1600 lalu. Terdapat beberapa bangunan dengan ciri khas Cina lengkap dengan lampionnya. Bangunanya unik dan cocok untuk berfoto dan berselfie.

Di dinding sebelah kanan bangunan pecinan ini terdapat property alat cukur lengkap dengan kaca, kursi dan kain pelindung.


4. Kampung kumuh pinggiran sungai


Studio Gamplong
Kampung kumuh pinggiran sungai sebagai salah satu set di Gamplong Studio

Kalau di ibu kota Jakarta, pemandangan ini tidak asing lagi. Namun set bangunan dengan konsep kumuh juga dibangun di sekitar Gamplong Stuido. Lengkap dengan aliran sungai yang memisahkan antar rumah tersebut. Suasananya benar-benar seperti di pinggiran sungai-sungai di kota besar.

5. Pasar Rakyat Mataram


Studio Gamplong film Hanung Bramantyo
Set bangunan Pasar pada jaman Mataram Kuno juga dibangun sebgai pelengkap Studio Gamplong Jogja


Tidak hanya set bangunan-bangunan inti yang biasa digunakan untuk shooting seperti Kerajaan, kantorm Hotel, Rumah dan lain-lain. Set bangunan pasarpun tidak luput dibangun di Gamplong Studio alam ini.


6. Hotel Penginapan


Hotel di Gamplong Studio alam
Set bangunan berbentuk Hotel tidak ketinggalan melengkapi koleksi studio Alam Gamplong

Selain kampung Mataram, dan pasar, tidak ketinggalan Hotel model zaman dahulu juga dibangun sebagai pelengkap set studio Hollywood milik Hanung Bramantyo ini. Semua bangunan permanen yang ada di Studio Gamplong ini bisa dibuka. Namun, cuma bisa dibuka saat shooting film. Sedangkan saat hari biasa dikunci dan dilarang untuk masuk kedalam.


7. Warung penjual minuman khas Anggur Kolesom


Studio alam Gamplong
Sebuah Set bangunan warung penjual minuman khas Anggur Kolesom dan beras kencur

Bangunan set ini sangat unik dan lucu. Cocok dan bagus untuk berfoto dengan background bangunan ini. Dengan papan nama bertuliskan "Anggur Kolesom dan Beras Kencur, Lo Wong Chiu Malaga - Kasiat Nyata".



8. Optik (Warung Kaca mata)


Warung Kaca mata ( Optik)
Set tempat ini seperti sebuah kota kecil dengan pertokoan-pertokan yang berjejer. Kamu bisa mengunjungi Gamplong Studio alam ini dan berfoto cantik di depan bangunan tersebut.

Saran terbaik sebelum mengunjungi tempat ini, sebaiknya siapkan kamera terbaikmu. Karena tempat ini memang cocok untuk mengabadikan momen berwisata anda.


9. Kereta uap dan becak


Studio Gamplong Jogja
Sebuah Kereta Uap dan becak yang menjadi properti di Gamplong Studio

Pada saat shooting, kereta ini bisa dioperasikan dan berjalan selayaknya kereta beneran. Namun, pada hari biasa kereta ini tidak dioperasikan dan dilarang untuk dinaiki. Anda bisa berfoto diatas becak seperti pada foto diatas.


10. Deretan pertokan dan rel Kereta api


Wisata Gamplong Studio
Deretan pertokoan dan rel kereta api yang merupakan set bangunan di Gamplong Stuido ala Hollywood Jogja


Masih berlokasi didalam Set Gamplong Studio, terdapat pertokoan yang sengaja di set menyerupai kota kecil. Suasananya praktis memang mirip suasana tempo dahulu.


Itulah informasi mengenai Gamplong studio alam yang digunakan strudara Hanung Bramantyo memproduksi film-filmnya. Semoga bermanfaat.

Silahkan Share ke sosial media kamu dan group Whatsapp kamu supaya banyak orang tahu akan lokasi wisata seru ini.

Share with your friends

Give us your opinion

Lokasi kami

Contact Form

Name

Email *

Message *

Notification
Hallo Selamat datang di Paket Wisata Jogja ~ Pesona Jogja Tour
Done