Sunset Candi Ratu Boko Jogja: Harga tiket masuk, dan Fasiltas umumnya

Candi Ratu Boko
Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko merupakan objek wisata Jogja terbaik untuk menikmati sunset dan foto prewedding dengan tiket masuk murah. Lokasinya pernah dijadikan shooting Cinta dan Rangga dalam film AADC.

Lokasinya berada 3 kilometer kearah selatan Candi Prambanan. Atau sekitar 18 kilometer dari Pusat kota Jogja melalui Jalan Jogja - Solo.

Waktu yang pas untuk berkunjung berwisata disini adalah pada waktu sore hari. Karena sore hari cuaca tidak begitu panas dan jika cerah beruntung mendapatkan moment sunset.

Sejarah, Mitos Keraton Candi Ratu Boko


Mitos Sejarah Candi Ratu Boko

Menurut penelitian sejarah. tempat ini sebenarnya bukan sebuah candi, melainkan sebuah bangunan Keraton. Kerajaan yang dibangun pada abad ke 8 Masehi oleh bangsa Syailendra yang beragama Budha. Menurut sejarah dibangun oleh ayah Lara Jonggrong, yaitu Ratu Baka.

Baca juga: Menikmati gagahnya Gunung Merapi dari Bunker Kaliadem

Sebelum lebih jauh membahas begitu indahnya sunset Candi Ratu Boko, kita akan jelaskan apa perbedaan Candi dan Keraton. Candi merupakan istilah dalam bahasa indonesia yang merujuk pada bangunan tempat beribadah purbakala dari peradaban Hindu-Budha (wikipedia.org). Sedangkan Keraton merupakan Bangunan kerajaan tempat tinggal dan tempat pemerintahan yang dipimpin oleh seorang Raja atau Ratu.

Kembali ke sejarah Candi Ratu Boko, ada bukti tulis yang menjadi dasar sejarah berdirinya Keraton Ratu Boko, yaitu Prasasti Abhayagiriwihara. Dalam prasasti tersebut tertulis tahun 792 M. Didirikan oleh Rakai Panangkaran.

Rakai Panangkaran merupakan Raja ke-2 Kerajaan Medang setelah Raja Sanjaya. Kerajaan Medang adalah sebuah Kerajaan di Jawa Tengah pada abad ke-8 Masehi.

Alamat, Rute dan Kendaraan umum untuk menikmati Sunset Candi Ratu Boko


Keraton Candi Ratu Boko
Danau tadah hujan ada saat musim hujan di Candi Ratu Boko


Alamat lengkap lokasi Candi Ratu Boko

Lokasi alamat Candi Ratu Boko berada di dusun Dawung, Keluarahan Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Atau Lokasi alamatnya di Jl. Raya Piyungan - Prambanan No.KM.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Lokasinya berada di atas Bukit 196 meter diatas laut. Bagi anda yang hendak menikmati sunset di Candi Ratu Boko, datanglah sore hari. Mulai jam 16:00-18:00. Namun kadang jam 17:00 satpam sudah mulai mutar untuk mengusir pengunjung.

Pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima, karena untuk menuju parkiran, kondisi akses jalan ke Candi Ratu Boko menanjak cukup curam. Dan dimohon harap hati-hati karena jalannya kecil, apalagi saat ada kendaraan lain beriringan dari lawan arah.

Bagi rombongan yang menggunakan Bus besar bisa parkir khusus parkir Bus yang lokasinya dipinggir Jalan Piyungan. Namun kita harus jalan kaki sekitar 100 meter menanjak.

Transportasi umum murah menuju Candi Ratu Boko

Ada beberapa cara yang bisa kita tempuh untuk menuju Candi Ratu Boko. Beberapa diantaranya menggunakan kendaraan pribadi, maupun transportasi umum seperti Bus Trans Jogja, Shelter Candi Prambanan, ataupun Taxi online.

Cara hemat untuk menikmati sunset di Candi Ratu boko adalah dengan menggunakan bus Trans Jogja menuju Candi Prambanan dahulu, kemudian naik shalter ke Candi Ratu Boko.


Rute Sunset Candi Ratu Boko dari Prambanan

Berikut kami infokan rute menuju Candi Ratu Boko dengan cara Backpacker harga murah dari pusat kota Jogja. Pertama dari Malioboro naik bus Trans Jogja jurusan A1 yang menuju halte Pasar Prambanan. Dari Halte Pasar Prambanan jalan kaki menuju Candi Prambanan. Beli Tiket terusan sekalian ke Candi Ratu Boko.

Baca juga: Update harga tiket masuk dan tempat spot foto di Candi Prambanan

Jadi setelah berkeliling menikmati Candi Prambanan, anda akan bisa melanjutkan perjalanan menggunakan mobil shelter menuju Candi Ratu Boko untuk menikmati sunset. Nanti pulangnya dari Prambanan, kamu bisa naik ojek online menuju kota Jogja. Atau naik Bus Trans Jogja yang selesai beroperasi sampai jam 22:00.





Rute ke Candi Ratu Boko dari pusat kota Jogja, Malioboro

Jika kamu menggunakan mobil pribadi, kamu bisa mengarahkan kendaraan ke Jalan Jogja Solo atau melewati jalan Wonosari. Namun rute tercepat untuk meuju menikmati sunset di Candi Ratu boko dari pusat kota Jogja adalah lewat Jalan Wonosari

Berikut rute ke Keraton Ratu Boko lewat Jalan Wonosari: Dari Stasiun Tugu Yogyakarta arahkan kendaraan ke Jalan Malioboro lurus sampai perempatan 0 kilometer Jogja ( Kantor Bank BNI & Kantor POS besar). Belok kiri ke Jalan Panembahan Senopati lurus hingga sampai di perempatan Gondomanan. Dari perempatan lurus terus melewati Jalan Sultan Agung, Jalan Kusumanegara hingga sampai perempatan Gedongkuning. Belok kanan ke Jalan Gedongkuning hingga sampai di perempatan PLN Gedongkuning.

Belok kiri ke Jalan Wonosair lurus terus sejauh 9 kilometer hingga sampai di pertigaan Piyungan (Pasar Piyungan). Belok kiri ke Jalan Prambanan - Piyungan sejauh 9 kilometer. Lihat papan petunjuk arah. Ikuti jalan masuk gank ke Jalan Sambirejo. Lokasi Candi Ratu Boko berada di atas bukit.

Pengelolaan Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko dikelola oleh salah satu BUMN, Taman Wisata Candi (TWC) yang menangani beberapa Candi yang ada di Jogja dan Jawa Tengah. Seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Candi Ratu Boko.

Namun, untuk beberapa plot bagian tertentu ada pengawasan dari dinas purbakala. Karena terkait situs bersejarah purba milik pemerintah. Salah satunya dibagian security atau satpam.

Satpam akan memperingatkan pengunjung yang melebihi batas kunjungannya, karena terpana menikmati sunset di Candi Ratu Boko ini.

Saat hari mulai Sore, apalagi saat High season dan long weekend, kondisi tempat ini ramai pengunjung. Biasanya rombongan bus dari sekolah maupun dari instansi perusahaan dan pemerintah.

Sunset Candi Ratu Boko
Susana Candi Ratu Boko saat sore hari


Tiket masuk menikmati Sunset Candi Ratu Boko

Rumor yang berkembang di telinga masyarakat, bahwa harga tiket masuk di Candi Ratu boko pada saat siang hari berbeda dengan pada saat sore hari. Rumor tersebut santer memberikan info tiket masuk jika siang hari Rp 40.000 dan khusus sunset diharga Rp 100.000.

Sampai artikel ini dibuat, bahwa rumor tersebut salah. Tiket masuk ke kawasan Candi Ratu boko diharga Rp 40.000 per orang untuk wisatawan domestik atau dalam negeri.

Sedangkan harga tiket masuk Candi Ratu Boko untuk wisatawan luar negeri atau mancanegara adalah sebesar Rp 350.000 per orang.

Baca juga: Update terbaru harga tiket masuk Bukit Tebing Breksi 2019


Jam Operasional buka - Tutup Candi Ratu Boko

Sama dengan pengelolaan candi lain seperti Borobudur dan Prambanan. Jam buka di Keraton Candi Ratu boko mulai buka jam 08:00 sampai jam 17:00. Sehingga kita bisa menikmati sunset indah dari atas candi layaknya Rangga dan Cinta dalam Film Ada Apa dengan Cinta (AADC).

Fasilitas Candi Ratu Boko

Setelah pengelolaan oleh Taman Wisata Candi, berangsur-angsur fasilitas dan pembenahan candi mulai menjadi perioritas utama. Supaya wisatawan merasa nyaman dan betah kembali berwisata kesini.

Selain melengkapi fasilitas umum, dan bangunan candi, pada moment-moment hari tertentu juga diadakan event kegiatan yang menarik pengunjung. Event tersebut bisa berupa orgen tunggal, wayang, ataupun kesenian tradisioanal.

Semua itu demi menarik wisatawan yang akan berkunjung ke Candi Ratu Boko untuk menikmati sunset indah dari atas bukit.

Berikut fasilitas-fasilitas yang ada di Candi Ratu Boko:

  1. Parkir kendaraan yang luas untuk Bus, mobil dan roda dua
  2. Loket parkir
  3. Ruang tunggu untuk sopir
  4. Warung makan
  5. Restoran
  6. Toilet
  7. Spot foto dan photographer

Foto Prewedding di Candi Ratu Boko

Selain menjadi tempat wisata, bagi anda yang hendak melakukan foto prewedding di Candi Ratu boko diperbolehkan dengan melakukan ijin terlebih dahulu. Ijin foto prewedding dilakukan di Kantor TWC Candi.

Baca juga: 10 Spot foto di The Lost World Castle

Harga foto Prewedding di Candi Ratu Boko Rp 200.000 untuk 1 sampai 2 jam pemotretan.

Foto Prewedding di Candi Ratu Boko
Foto Prewedding di Candi Ratu Boko


Wisata terdekat dari Candi Ratu Boko

Jika kamu hendak berwisata di kota Jogja dan salah satu destinasi tujuannya adalah ke Candi Ratu boko, maka jadikan tempat ini menjadi rute terakhir. Karena setelah kamu berwisata ke beberapa tempat lainnya, tujuan terakhir adalah menikmati sunset di Candi Ratu boko yang begitu indah.

Berikut beberapa objek wisata disekitar Keraton Candi Ratu Boko yang bisa kita kunjungi sekaligus:


  • Candi Prambanan
  • Candi Ijo
  • Tebing Breksi
  • Candi Sojiwan
  • Candi Kalasan
  • Candi Plaosan
  • Lava Bantal

Paket Wisata Jogja menikmati Sunset Candi Ratu Boko

Nah, bagi kamu yang pengen menikmati sunset indah di Candi Ratu Boko layaknya di Film AADC, kamu bisa menghubungi kami di via Whatsapp di tombol warna hijau dibawah.

Selain Paket Wisata Jogja ke Candi Ratu Boko, anda juga bisa ambil paket wisata lain yang tak kalah menarik. Atau anda juga bisa request paket wisata Jogja sesai keinginan.

Segera hubungi customer service kami dengan klik tombol "ORDER VIA WHATSAPP" dibawah


Itulah sedikit informasi mengenai Sunset Candi Ratu Boko yang sangat menawan, silahkan share ke group whatsapp atau ke sosial media kamu supaya teman-temanmu tau betapa seru wisata ke Candi Ratu Boko.
Judul: Sunset Candi Ratu Boko Jogja: Harga tiket masuk, dan Fasiltas umumnya; Ditulis oleh ; Rating Blog: 5 dari 5

Post a Comment

1 Comments

Pemesanan dan tanya paket tour, silahkan Hub Customer Service kami 24 Jam:
1. 081575006002 (WA, SMS, TLP)
2. (0274) 2804333

Atau email ke

pesonayogyakarta@gmail.com